Waspadai Ronaldo, Paksakan Tiga Poin

Jumat, 08 Juni 2012 – 09:01 WIB

GDANSK - Jerman menjadi favorit kuat untuk menjadi juara di Euro 2012. Tapi, mereka sudah harus mampu melewati ujian perdana yang sangat sulit, yaitu melawan Portugal, Sabtu (12/6). Pertahanan Jerman harus mewaspadai Cristiano Ronaldo yang jadi kunci kekuatan serangan Portugal.

Bek tengah Jerman Per Mertesacker, memperingatkan rekan-rekannya untuk tak melepaskan pengawasan Cristiano Ronaldo. Dia menyebut, pemain Real Madrid itu punya sejuta trik untuk membahayakan gawang. Bukti paling nyata adalah ketajamannya yang membuat Ronaldo mencetak 46 gol untuk Real Madrid sepanjang musim lalu.

Mertesacker yang membela Arsenal harus absen di tiga bulan terakhir akibat menjalani masa recovery setelah operasi ligament pergelangan kakinya. Tapi, dia sudah siap jika di laga pertama dijadikan tumpuan oleh Pelatih Joachim Loew. Dia menegaskan, hanya kerja tim yang bagus dapat menaklukkan skill Ronaldo.

"Saya pikir kami telah berhasil mengatasi segala ancaman dari upaya-upaya Ronaldo pada pertandingan-pertandingan melawan Portugal di masa lalu," kata Mertesacker, merujuk pada  Portugal di Piala Dunia 2006 dan Euro 2008.

"Kami harus berusaha dengan segala cara untuk menghindari situasi satu lawan satu dengan dia, sebab Ronaldo berperan sebagai pemain kunci. Untuk itu, kami akan berlatih melakukan itu dalam beberapa hari ini," tambah pemain 27 tahun itu.

Penjaga gawang Manuel Neuer mengakui hal yang sama. Tapi, dia juga menuturkan Jerman punya pemain yang sama bahayanya dengan Ronaldo yang kebetulan bermain satu tim di Real Madrid, yaitu Mesut Ozil. Menurut Neuer, cara untuk mengatasi permainan menyerang Portugal yang impresif adalah mencegah mereka melakukan penguasaan bola yang dominan.

"Mesut Ozil memiliki tembakan yang bagus, seperti rekan setimnya di Real Madrid. Saya pikir semua penyerang Portugal berbahaya, dan merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan, maka kami memiliki tanggung jawab pada setiap pemain untuk bertahan dengan baik saat melawan mereka," kata Neuer.

Lebih lanjut Neuer mengungkapkan, kemenangan melawan Portugal jadi harga mati bagi Jerman. Jika mereka meraih tiga angka dari laga yang berlangsung di Lviv Arena tersebut, langkah mereka akan semakin mudah menuju perempat final. Apalagi, di dua laga berikutnya mereka berturut-turut menghadapi Belanda dan Denmark.

"Saya kira kemenangan akan vital untuk meraih start yang bagus. Seperti di Piala Dunia 2010 di Afsel, kami meraih kemenangan atas Australia. Dengan hasil bagus, kami melepaskan banyak tekanan," ujar kiper Bayern Muenchen itu. (ady)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Selamat karena Jadi Gudang dan Kandang Kuda Nazi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler