Stoner Menang, Rencana Honda Sedikit Berantakan

Senin, 16 Mei 2011 – 05:25 WIB

LE MANS - Sirkuit Le Mans, Prancis, tak lagi memberi nasib buruk bagi Honda di ajang MotoGPPembalap Repsol Honda Casey Stoner mengakhiri paceklik kemenangan yang dialami Honda dalam empat edisi MotoGP Prancis terakhir

BACA JUGA: Selebrasi Busquets di Tengah Ancaman Sanksi

Pembalap Australia itu meraih podium teratas dalam balapan yang berlangsung kemarin (15/5).
   
Kemenangan di balapan tersebut menyempurnakan langkah Stoner sepanjang akhir pekan
Sejak sesi latihan pagi hari, Jumat (13/5) dia selalu menjadi yang tercepat

BACA JUGA: FA Salah Cetak Bendera Berbiaya Rp 24,3 Miliar

Start dari posisi terdepan, Stoner hanya mendapatkan gangguan di lap-lap awal lomba.

Nilai maksimal dari MotoGP prancis belum mampu mengangkat posisi Stoner ke puncak klasemen sementara
Dia masih berada di bawah pembalap tim pabrikan Yamaha, Jorge Lorenzo

BACA JUGA: Manchester City v Stoke City: Ekspektasi Tinggi

Stoner yang mengemas 66 poin, tertinggal 12 poin dari Lorenzo (78 poin) yang kemarin mengakhiri balapan di urutan keempat.

"Akhir pekan yang menakjubkanDari start hingga finish semuanya berjalan mengagumkanSaya bisa menatap balapan selanjutnya dengan tenang sekarangMenyenangkan bisa meraih poin maksimal lagi dan mendekatkan diri pada persaingan," beber Stoner seperti dikutip Autosport.

Stoner memang seperti tanpa kesulitan sejak sesi latihan di Le MansDia mengakui, satu-satunya kesulitan didapatkannya sebelum lombaKesulitan itulah yang membuatnya sempat merosot ke posisi ketiga begitu lomba dimulai.

"Sedikit drama di awalSaya harus menahan kopling sepanjang waktu, karena tak bisa membuatnya ke gigi netralItu membuat kopling panas yang berimbas pada start yang buruk," terang Stoner.

Meski berhasil menempatkan Stoner sebagai juara, Honda tak sepenuhnya terhindar dari nasib burukSalah satu jagoannya di Repsol Honda, Dani Pedrosa, gagal menyelesaikan balapanAkibat bersenggolan dengan Marco Simoncelli (Honda Gresini), dia tersungkur di lap 17.

Akibat kegagalan Pedrosa tersebut, rencana Repsol Honda jadi sedikit berantakanSejatinya, mereka berambisi menempatkan Stoner dan Pedrosa finis 1-2Apa pun susunannya, Stoner atau Pedrosa yang ada di depanJika hal itu terjadi, dipastikan pedrosa yang menempati puncak klasemen menggeser Lorenzo.

Namun, persaingan antara pedrosa dan Simoncelli di pertengahan lomba membuat rencana itu rusakPedrosa yang tak mampu mempertahankan posisinya di urutan keduaDia menyenggol bagian belakang motor SimoncelliPedrosa terjatuh dan tak mampu melanjutkan lomba, sementara Simoncelli terus melaju.

Belakangan ofisial lomba menjatuhkan hukuman atas aksi berbahaya yang dilakukan Simoncelli ituHukumannya ride-trough penalty atas aksi yang dianggap sebagai manuver ilegal tersebutSimoncelli pun kehilangan posisi kedua.

Hukuman tersebut sekaligus membuat tiga pembalap di belakang Simoncelli, yaitu Lorenzo, Andrea Dovizioso (Repsol Honda) dan Valentino Rossi (Ducati) terlibat persaingan meraih 20 poin alias peringkat kedua.

Persaingan seru terjadi di lap ke-24 ketika Rossi menunjukkan kengototannya menyalip LorenzoSaat menikung, dia melewati Lorenzo dan mempertahankannya meski di lintasan lurus Lorenzo nyaris melewatinyaNamun, Ducati harus mengakui ketangguhan mesin Honda karena pada lap berikutnya Dovizioso melewatinya di lintasan lurus dan dia harus turun satu strip lagi ke urutan ketigaSementara Lorenzo tertinggal cukup jauh karena sempat melebar dan nyaris masuk gravel.

Hanya menempati posisi ketiga tak membuat Rossi kecewaDia pun membuat sejarah dengan meraih podium pertama bersama Ducati"Sangat senang, podium pertama bersama Ducati memberi emosi yang hebatTerutama karena saya datang dalam periode yang buruk akibat masalah fisik, juga harus memahami motor lebih lama," tutur Rossi(ady)

             Hasil MotoGP Prancis
                     (28 lap)
Casey Stoner, Repsol Honda Andrea Dovizioso, Repsol Honda Valentino Rossi, Ducati Jorge Lorenzo, Yamaha Factory Racing Marco Simoncelli, Honda Gresini Ben Spies, Yamaha Factory Racing Nicky Hayden, Ducati Hiroshi Aoyama,  Honda Gresini Hector Barbera, Aspar Ducati Karel Abraham, Cardion Ducati Toni Elias, LCR Honda Alvaro Bautista, Rizla Suzuki Colin Edwards, Yamaha Tech 3
          Klasemen Sementara
(10 besar setelah 4 balapan)
Jorge Lorenzo             78 poin Casey Stoner              66 Dani Pedrosa             61 Andrea Dovizioso      50 Valentino Rossi         47 Nicky Hayden             39 Hiroshi Aoyama         36 Marco Simoncelli       22 Colin Edwards           21 Hector Barbera           21

BACA ARTIKEL LAINNYA... BMX Incar Tiga Besar Asia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler