Strategi Anggota MIND ID Realisasikan K3 dalam Proses Industri

Minggu, 18 Februari 2024 – 17:19 WIB
Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan anggota grup holding BUMN terus merealisasikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Ilustrasi: MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan anggota grup holding BUMN terus merealisasikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Diperiingati pada 12 Januari-12 Februari 2024, Bulan K3 menjadi pengingat para pekerja untuk terus menjaga keselamatan dan kesehatan kerja.

BACA JUGA: Peringatan Bulan K3N, Grup MIND ID Kokohkan Budaya Keselamatan Kerja

“Grup MIND ID berdedikasi dan berinovasi dalam menciptakan ‘Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja’ demi masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Heri di Jakarta, Minggu (18/2).

Heri mengatakan salah satu anggota Grup MIND ID, PT Timah Tbk berkolaborasi dengan PMI Kabupaten Bangka menggelar donor darah di Balai Karya Sungailait, Kabupaten Bangka, pada 7 Februari 2024.

BACA JUGA: Grup MIND ID Serahkan Bantuan Kemanusiaan lewat TJSL

Kegiatan yang digelar melalui Divisi Engineering and Mine Support PT Timah Tbk ini diikuti oleh para karyawan PT Timah Tbk dan masyarakat sekitar.

Tercatat, belasan kantong darah terkumpul dalam kegiatan ini.

BACA JUGA: Tingkatkan Nilai Tambah Hilirisasi, Inilah Progres Smelter Grup MIND ID SGAR Mempawah

"Melalui kegiatan ini, perusahaan berupaya mendukung PMI Kabupaten Bangka dalam memenuhi ketersediaan darah," ujar Heri.

Berkat kegiatan ini, PT Timah Tbk membantu ketersediaan darah di Kabupaten Bangka yang membutuhkan minimal 600-700 kantong setiap bulannya.

Tak hanya dalam rangka peringatan Bulan K3 saja, PT Timah Tbk bersama PMI juga kerap menggelar acara donor darah, salah satunya saat kegiatan Bulan Bakti PT Timah Tbk.

Kemudian, dalam rangka mencapai target zero fatality di 2024, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memperkuat K3. Pada 2023, PT Antam Tbk mencatatkan kinerja K3 yang positif melalui capaian zero fatality.

"Pada 2024, Antam kembali menargetkan capaian zero fatality melalui komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip K3 dan Keselamatan Operasi," ungkap Heri.

PT Antam Tbk juga berupaya meningkatkan budaya K3 di seluruh wilayah operasi agar mampu menciptakan kegiatan operasional yang aman, efisien, dan produktif.

PT Antam Tbk terus meningkatkan budaya keselamatan melalui improving Human Capabilities pekerja. Perusahaan membentuk agen safety yang sudah memiliki sertifikasi Training of Trainer (TOT) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di setiap wilayah operasi.

"Antam memiliki aplikasi keselamatan mobile digital SUPERSAFE. Aplikasi tersebut bertujuan untuk meningkatan kesadaran keselamatan, follow up unsafe act dan unsafe condition, sehingga dapat mencegah insiden lebih tinggi," ucap Heri.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memeriahkan Bulan K3 Nasional 2024 dengan menggelar Persami Bukit Asam. Perkemahan yang diikuti oleh anggota Gugusdepan MAN 1 Muara Enim ini dilaksanakan di Botanical Garden PT Bukit Asam Tbk Tanjung Enim, 2-3 Februari 2024.

Sebanyak ratusan peserta Pramuka Penegak yang berasal dari seluruh sekolah tingkat SMA, SMK, dan MA di Kabupaten Muara Enim mengikuti Persami ini.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat menjalin persahabatan dan kebersamaan dengan sesama anggota pramuka lainnya dan dapat memperluas pengalaman, pengetahuan, serta keterampilan

Melalui gerakan Pramuka, dapat terbentuk watak, karakter, dan kepribadian generasi muda bangsa. Hal ini dapat menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, dan memiliki jiwa bela negara.

Adapun Grup MIND ID PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) merayakan Bulan K3 Nasional 2024 dengan menggelar pelatihan K3 Ahli Ketinggian kepada pemuda di sekitar pabrik peleburan. Kegiatan yang dilakukan atas kerja sama dengan Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia (ASTTI) Sumatera Utara ini didasarkan pada komitmen perusahaan dalam meningkatkan SDM di sekitar wilayah operasional.

Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat tercipta ahli-ahli K3 Ketinggian yang baru, muda, dan terlatih. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan kesempatan bagi SDM-SDM terlatih untuk bisa memiliki kans bekerja yang lebih luas di Indonesia.

Grup MIND ID lainnya, PT Freeport Indonesia (PTFI) memeringati Bulan K3 Nasional 2024 dengan dipusatkan pada area SAG Mill #3 area Pabrik Pengolahan Konsentrat MP 74 Distrik Tembagapura. Kegiatan ini diikuti oleh segenap jajaran manajemen dan karyawan di area operasi tambang PTFI.

"Peringatan kali ini bertujuan untuk menyebarkan informasi praktik-praktik positif keselamatan dan kesehatan kerja kepada seluruh karyawan. Selain itu, juga untuk mendorong perilaku aman di tempat kerja," kata Heri.

Melalui kegiatan ini, para pekerja diharapkan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan kerja yang dimulai dari diri sendiri. Dengan kerja sama tersebut, seluruh karyawan dapat bekerja dengan sehat dan selamat untuk terus berkontribusi pada perusahaan, stakeholder, dan berdampak langsung kepada masyarakat dan negara.

"Fokus kampanye keselamatan di Bulan K3 Nasional PTFI tahun ini akan berlangsung selama dua bulan hingga 9 Maret 2024," katanya.

Dia menambahkan kegiatan ini diisi dengan beberapa aktivitas bersifat strategis, promotif dan implementatif di area perusahaan, mulai dari seminar, lokakarya, pameran, kampanye kesadaran K3.

"Ada juga berbagai kompetisi khas BK3N yang akan diikuti oleh seluruh karyawan PTFI," pungkas Heri.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Karyawan   MIND ID   Bulan K3   K3  

Terpopuler