Strategi GT Covid-19 Kementerian ATR/BPN Mencegah Klaster Perkantoran

Selasa, 27 Oktober 2020 – 14:30 WIB
Ketua GT Covid 19 Kementerian ATR/BPN Agustin I Samosir. Foto Kementerian ATR/BPN.

jpnn.com, JAKARTA - Gugus Tugas (GT) Covid-19 Kementerian ATR/BPN berupaya aktif melakukan pencegahan infeksi coronavirus pada jajaran pegawai di Kementerian yang dipimpin Sofyan A Djalil itu.

Apalagi penularan Covid-19 hingga saat ini masih terjadi, termasuk bermunculannya klaster-klaster di lingkungan perkantoran.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Beber Kondisi Covid-19 di Kota Depok, Duuuh

"Kita sehari-hari bekerja pada ruangan tertutup, kami GT-Covid 19 Kementerian ATR/BPN melakukan berbagai upaya disinfeksi ruangan secara reguler, setiap weekend di seluruh ruangan pada unit kerja Kementerian ATR/BPN," kata Ketua GT Covid 19 Kementerian ATR/BPN Agustin I. Samosir di Jakarta, Selasa (27/10).

Agustin mengungkapkan bahwa GT Covid-19 juga memberikan perhatian serius kepada pegawai yang melaporkan diri terindikasi terinfeksi Covid-19.

BACA JUGA: Ada Pesan dari Presiden Jokowi Lewat dr Reisa untuk Keluarga Pahlawan Kesehatan

“GT Covid-19 Kementerian akan mendampingi pegawai yang diharuskan uji swab dan juga isolasi mandiri. Isolasi mandiri dilakukan dengan bekerja sama dengan hotel yang telah terfasilitasi dengan rumah sakit," jelas kepala Biro Umum dan Layanan Pengadaan ini.

Ketika ditemukan hasil swab test positif Covid-19, itu bukan hal yang mudah karena tidak semua pegawai memiliki fasilitas yang layak untuk melakukan isolasi mandiri.

BACA JUGA: Inilah Kekhawatiran Chandra Jika Gus Nur Tetap Ditahan

Karena itu, GT Covid-19 Kementerian ATR memiliki call center yang dapat dihubungi seluruh pegawai apabila ada yang positif terinfeksi coronavirus.

Dia menyebutkan, pegawai Kementerian ATR yang memerlukan pelayanan bisa menghubungi GT Covid-19 melalui tim yang telah disiagakan. Di antaranya ada Goyandi (0813-8831-7723), Muhaimin (0821-1426-8835), Fadel (0811-9867-899) dan Klinik ATR/BPN di nomor (021) 7393939..

Selain upaya-upaya kuratif, GT-Covid terus melakukan upaya preventif melalui peningkatan imunitas diri yang merupakan hal utama untuk dilakukan pada masa pandemi Covid-19 ini. Kemudian membagikan paket penambah daya tahan tubuh untuk pegawai, seperti vitamin dan susu.

"Selain paket tersebut, sesuai anjuran pemerintah untuk menggunakan masker dan menjaga kebersihan kami juga membagikan masker non medis dan juga hand sanitizer," ungkap Agustin.

Seluruh pegawai Kementerian ATR/BPN harus terlibat untuk memerangi Covid-19 dengan cara menjaga diri sendiri dan menerapkan 4M, terutama bagi yang bekerja di kantor harus menerapkan protokol kesehatan serta mengambil langkah pencegahan yang sesuai.

"Virus ini harus dilawan dengan menjaga diri sendiri melalui 4M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Kementerian ATR/BPN melalui GT Covid-19 berupaya untuk memberikan fasilitas," jelasnya.

Agustin juga menjelaskan bahwa pada lingkup nasional, pencegahan dan protokol kegiatan selama masa pandemi Covid-19 juga dilaksanakan oleh masing-masing unit kerja, dan disesuaikan dengan kondisi penyebaran Covid-19 pada masing-masing wilayah.

Kementerian ATR/BPN, Kanwil BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota berpedoman pada SE No. 12 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Protokol Kegiatan pada Situasi Pandemi dan Dalam Rangka Tatanan Normal Baru di Lingkungan Kementerian ATR/BPN.(*/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler