Stroberi, si Asam Manis dengan Ragam Manfaat  

Jumat, 26 Oktober 2018 – 10:34 WIB
Stroberi. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - BUAH stoberi tak hanya memiliki penampilan yang indah. Si merah ini juga kaya manfaat bagi kesehatan. 

Meski rasanya manis dan asam, stroberi mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan manusia. 

BACA JUGA: Selain Jeruk, 7 Makanan Ini Kaya akan Vitamin C

Berbagai penelitian menemukan stoberi bermanfaat sebagai pemutihan gigi, mengobati iritasi pada kulit hingga memperbaiki masalah pencernaan. 

Warna merah stroberi berasal dari kandungan anthocyanidin yang menandakan buah ini kaya antioksidan. 

BACA JUGA: 3 Alasan Stroberi Cocok untuk Bantu Program Diet

Tingginya antioksidan pada stroberi beguna untuk mencegah peradangan, kanker, dan masalah jantung. 

Buah ini juga mengandung vitamin C dan K, serat, folat, magnesium dan kalium. Berikut manfaat makan buah stoberi, seperti dilansir laman Care2, Minggu (21/10).

BACA JUGA: Ketahui Manfaat Ajaib Stroberi untuk Perawatan Rambut

 1. Heart Attack Risk Reduction

 Stroberi mengandung nutrisi kuat yang dikenal sebagai anthocyanin, yang tidak hanya memberi warna cemerlang dan rasa yang luar biasa, tetapi juga membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, para peneliti menemukan bahwa ketika wanita muda dan setengah baya makan tiga porsi stroberi setiap minggu, mereka mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga 32 persen.

 2. Pencegahan Penyakit Jantung

Selain mencegah risiko serangan jantung pada orang yang memiliki penyakit jantung, stroberi membantu mencegah penyakit jantung sejak awal. 

Stroberi tampaknya mencegah penggumpalan darah, oksidasi lemak yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung (dikenal sebagai lipid peroksidasi) dan pengurangan kerusakan pada pembuluh darah.

 3. Vitamin C Boosters

Stroberi adalah salah satu makanan terbaik yang mengandung vitamin C. Mereka adalah sumber vitamin C yang sangat baik yang membantu meningkatkan kekuatan arteri, mencegah memar dan memperkuat kelenjar stres tubuh Anda, yakni adrenal.

4. Pencegahan Penyakit Alzheimer

Buah berry yang lezat ini juga mengandung nutrisi kuat yang dikenal sebagai fisetin, yang diteliti dalam Jurnal Gerontology yang ditemukan bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer. 

Fisetin adalah antioksidan alami yang menunjukkan kemampuan proteksi otak dan anti-inflamasi yang kuat.

5. Pengurangan Kehilangan Memori

 Penelitian yang sama juga menemukan bahwa fisetin mengurangi kehilangan memori pada hewan dengan penyakit Alzheimer.

6. Kemampuan antidepresan

Selain mencegah penyakit Alzheimer, kandungan fisetin alami stroberi juga menunjukkan sifat antidepresan. 

 Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioksidan dan Redox Signaling, para peneliti menemukan fisetin membantu mengatur hormon otak merasa-baik yang dikenal sebagai serotonin, memberikan sifat anti-depresan alami.

7. Menyeimbangkan Gula Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan stroberi membantu mengatur kadar gula darah dan insulin, terutama ketika dikonsumsi setelah makan. 

Insulin adalah hormon yang disekresikan oleh pankreas (organ yang ditemukan di sisi kiri perut Anda) yang mengontrol jumlah gula dalam darah. 

Selain itu, stroberi rendah pada indeks glikemik — ukuran bagaimana makanan memengaruhi gula darah — menjadikan mereka pilihan yang sangat baik dalam pencegahan atau pengobatan diabetes. 

Jika Anda menderita diabetes, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang memasukkan stroberi ke dalam rencana makan Anda.(fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ladies, Coba 5 Masker Alami ini untuk Atasi Rambut Berminyak


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler