Studi Selama 3 Bulan, 30 Peserta Lulus BODT Camp

Sabtu, 11 Agustus 2018 – 19:11 WIB
IYKRA. Foto: IYKRA

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 30 peserta BODTCamp Public dinyatakan lulus setelah mengikuti pembelajaran intensif dan studi praktik selama tiga bulan.

Perayaan kelulusan digelar dengan hadirnya pihak dari CT Corpora, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pefindo Biro Kredit.

BACA JUGA: Lewat SMN, Menteri BUMN Ingin Cetak SDM Berkualitas

Managing Director IYKRA Fajar Jaman menjelaskan, BODT Camp memiliki bertujuan membangun kemampuan peserta dalam memanfaatkan data technologi untuk optimasi hasil bisnis.

Hal itu sejalan dengan arti dari BODT itu sendiri yaitu business optimation with data technology camp.

BACA JUGA: Dorong SMA SMK Dikembalikan ke Pemkab Pemko

Dia menambahkan, bulan lalu pihaknya mengadakan survei kepada sejumlah early career professional.

Hasilnya, sebanyak 81,13 persen berminat menjadi praktisi dengan teknologi data.

BACA JUGA: Kelas Rusak, Siswa Terpaksa Pindah Sekolah

Tidak hanya di bidang data science, data analytics, dan business intelligence, tetapi juga business analytics.

"Namun, hanya 9,43 persen yang memiliki kapabilitas tersebut dan mahir. Persentase yang masih sangat rendah," kata Fajar, Sabtu (11/8).

Sementara itu, GM IoT & Big Data Service Delivery Telkom Faisal Yusuf menjelaskan, kebutuhan talenta teknologi sangat tinggi.

Sebagai perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi dengan 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta, Telkom sedang mengembangkan 27 use cases big data.

"Dengan demikian, bisa dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar lain," kata pria kini tengah menjabat menjadi VP Smart Platform Metranet itu.

Ditemui dalam acara IYKRA BODTCamp Graduation Day, Edward Hor dari Group VP Data Ct Corpora menyambut positif acara itu.

"Saat ini, kami memiliki kebutuhan untuk teknologi data. Kami membutuhkan data antusias untuk bergabung dengan tim big data CT Corpora, bekerja sama dalam mengembangkan strategic big data project untuk perusahaan kami," ujar Edward.

Sementara itu, CEO Pefindo Biro Kredit  Yohanes Arts Abimanyu menjelaskan bahwa pihaknya membutuhkan banyak data antusias yang menguasai teknologi dan mampu serta mengetahui pengimplementasiannya.

"Kami dari Pefindo senang bisa berpartisipasi dan melakukan review profil peserta BODTCamp yang IYKRA lakukan. Kami berharap salah satu peserta ada yang dapat bergabung untuk mengembangkan divisi teknologi data kami," ujar Yohanes. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Publikasi Indonesia Sudah Kalahkan Thailand dan Singapura


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BODT Camp   IYKRA  

Terpopuler