Suami Nikahi Daun Muda, Istri dan Anak Bunuh Diri

Rabu, 17 Januari 2018 – 14:14 WIB
Racun. Foto: pixabay

jpnn.com, JOMBANG - Tiga bocah asal Jombang, Jawa Timur, tewas di tangan ibu kandung sendiri.

Mereka tewas setelah dicekoki racun serangga di dalam kamar mandi rumahnya yang sempit pada Senin malam (15/1). Si ibu sakit hati karena suaminya kawin lagi.

BACA JUGA: Mengerikan! Ibu dan Tiga Anak Bunuh Diri Massal

Tiga bocah malang itu adalah Sayid Mohammad Syaiful Al Faqih, 6; Bara Viadinanda Uni Ayu Qurani, 4; dan Umi Fauziyah, 4 bulan Mereka ditemukan tak bernyawa menjelang tengah malam.

Sedangkan ibunya, Evi Suliastin Agustin, 26, kritis. Dia selamat meski juga menenggak racun serangga setelah meracuni anaknya.

BACA JUGA: Hanya Gara-Gara Masalah KK, Ibu Rumah Tangga Gantung Diri

Kerabat Evi yang tinggal di Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Jombang, menyatakan bahwa perempuan itu mencoba bunuh diri bersama anak-anaknya.

Namun, karena sudah dewasa, tubuhnya lebih kuat terhadap racun, dia bisa selamat.

BACA JUGA: Putus Asa, Siswa Nekat Bunuh Diri di Sungai Brantas

"Saat ditemukan, kondisi mulut masing-masing korban mengeluarkan cairan busa," kata Kapolres Jombang AKBP Agung Marliyanto kepada Jawa Pos Radar Jombang di lokasi kejadian.

"Tiga korban anak-anak kondisinya meninggal, sementara ibunya masih hidup. Kondisinya kritis," lanjutnya.

Kejadian tersebut kali pertama diketahui Nurus Shobikhah, 20, adik korban. Dia tinggal serumah dengan Evi. Nurus ditemani Sholikhul Hadi Sholeh, 25, saat mendobrak kamar mandi yang menjadi lokasi percobaan bunuh diri itu. Sholikhul adalah murid suami Evi, M. Fakihhudin.

Meski suami istri, Fakihhudin tidak tinggal serumah dengan Evi. Dia tinggal di Desa Dukuhmojo, Kecamatan Mojoagung.

Saat ditemukan, ketiga anak Evi sudah tidak bernyawa. Evi kritis dan segera dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah Mojoagung.

Sholikhul pun langsung menelepon Fakihhudin, melapor bahwa ketiga anaknya meninggal. Dia lalu menghubungi Polsek Mojoagung yang dilanjutkan ke Polres Jombang.

Selang beberapa saat, sejumlah anggota gabungan tim inafis polres dan anggota polsek jajaran tiba di lokasi dan mengamankan tempat kejadian perkara (TKP).

Beberapa petugas lainnya mendatangi RS PKU Muhammadiyah, tempat korban dirawat. Selanjutnya, sekitar pukul 22.00, Evi dirujuk ke RSUD Jombang.

Dari hasil olah TKP, polisi mendapati sebuah botol obat serangga di samping tubuh korban.

"Kondisi tutup botol terbuka. Terdapat sisa cairan obat sekitar dua pertiganya. Kemungkinan sisanya diminum korban beserta anaknya," papar Agung.

Selain botol racun serangga, polisi menyita dua unit handphone milik Evi.

"Sementara masih kami lakukan penyelidikan. Beberapa saksi juga sudah dimintai keterangan di mapolsek," imbuhnya.

Polisi masih terus memastikan motif percobaan bunuh diri Evi yang membawa korban tiga anaknya.

Perempuan 26 tahun itu masih dirawat intensif di rumah sakit. Dari pemeriksaan terhadap suami Evi, Fakihhudin, polisi juga belum bisa memastikan motif kejadian tersebut.

''F, suami korban, sejak tadi malam (kemarin, Red) kami mintai keterangan setelah dari rumah sakit,'' kata Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto.

Selain mengorek keterangan dari suami korban, polisi meminta keterangan dari saksi lain. Di antaranya, keluarga korban dan sejumlah tetangga.

Dari beberapa keterangan keluarga dan tetangga, Agung menengarai adanya motif asmara. Sekitar tiga tahun belakangan, rumah tangga Evi dan Fakihhudin tidak harmonis.

Lebih-lebih setelah Fakihhudin menikah lagi dengan seorang gadis asal Kabupaten Nganjuk baru-baru ini.

''Selama ini (Evi) jarang mendapat nafkah lahir batin, ditambah sekitar tiga bulan belakangan suaminya menikahi perempuan lain asal Nganjuk,'' papar Agung.

Dalam kondisi rumah tangga yang ruwet, diduga Evi mengalami depresi berat.

Ujungnya, dia nekat mengajak tiga anaknya bunuh diri dengan meminum racun serangga di dalam kamar mandi.

Polisi kini mendalami kemungkinan Fakihhudin menelantarkan anak dan istrinya. Dia bisa dijerat jika benar-benar melakukan hal itu. (naz/nk/JPR/c9/ang/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengin Bunuh Diri, Siswi SMA Terjun ke Sungai


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler