Suara PDIP Merosot Tajam, Maruarar Sirait Disalahkan

Selasa, 22 April 2014 – 08:30 WIB

jpnn.com - SUBANG – Masa kejayaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kabupaten Subang terancam. Ini terlihat dari perolehan suara partai berlambang kepala banteng moncong putih itu menurun drastis.

Padahal selama dua periode, PDIP selalu memimpin perolehan kursi. Ini dibuktikan dengan posisi Ketua DPRD Subang yang selalu dijabat kader PDIP.

BACA JUGA: Empat Ketua Partai Tumbang

Menyikapi hal ini anggota DPRD Subang dari Fraksi PDIP, Moch Noorwibowo justru malah menyalahkan Bupati Subang Ojang Sohandi dan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Maruarar Sirait.

Keduanya merupakan kader PDIP yang dianggap memiliki peranan penting dalam peraihan suara PDIP di Kabupaten Subang.

BACA JUGA: Hari Ini KPU Jabar Pleno, Polda Siagakan 750 Personel

Menurut Bowo, sapaan akrab Moch Noorwibowo, berdasarkan perhitungan di internal partai, hasil pileg saat ini partainya hanya mampu meraih 10 kursi. Jumlah ini menurun dari sebelumnya yang mencapai 14 kursi.

Padahal di tingkat nasional, PDIP mampu meraih suara terbanyak dibanding partai lain. Kesusksesan di tingkat nasional ternyata tidak diikuti di Kabupaten Subang.

BACA JUGA: Rumah Pengurus PPP Dirusak

"Kemerosotan PDIP di Kabupaten Subang yang mesti bertangungjawab dan yang harus dievaluasi adalah Bupati Subang Ojang Sohandi dan Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait,” ungkap Bowo.

Ojang Sohandi dan Maruarar Sirati, kata Bowo, merupakan ujung tombak PDIP di Kabupaten Subang. Apalagi Maruarar atau yang akrab disapa Bang Ara, merupakan Ketua Korwil Dapil 9 Jawa Barat.

“Saya lihat kedua orang itu kerjanya tidak maksimal. Ini harus dievaluasi karena perolehan kursi di DPRD Subang saat ini merosot,” ujar Bowo.

Sementara itu Plh Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Subang, Ating Rusnatim tidak menampik terkait menurunnya perolehan kursi partainya di DPRD Subang. Ia pun mengaku siap dievaluasi terkait menurunnya jumlah perolehan kursi.

“Kami siap dievaluasi oleh DPP. Kami berharap ini tidak terjadi lagi. Saya minta DPP untuk mendefinitifkan Ketua DPC PDIP Kabupaten Subang,” ungkap Ating.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, partai politik yang juga mengalami penurunan perolehan kursi, yakni Partai Demokrat. Partai pimpinan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) ini diperkirakan hanya mampu meraih 6 kursi, dari 9 kursi saat ini.

Berbeda halnya dengan Partai Gerindra dan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa). Kedua partai ini mampu menambah jumlah perwakilannya di DPRD Subang. Partai Gerindra dan PKB sama-sama mampu menambah jumlah perwakilan sebanyak 5 kursi.

 Sementara Partai Hanura mendapat dua kursi dari semula satu kursi. Partai Golkar mendapat 7  kursi dari sebelumnya yang hanya 6 kursi. PPP juga memperoleh dua kursi dari semula yang hanya 1 kursi.

Untuk PKS tetap bertahan memperoleh 7  kursi. Yang mengejutkan Partai NasDem. Partai pimpinan Surya Paloh ini dikabarkan meraih tiga kursi di DPRD Subang.(bds/din)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kamis, Sengketa Pilwako Gorontalo Diputuskan MK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler