Suasana Damai Setelah Setahun Berlalu

Ketua KPK ke Masjid Bareng Kabareskrim Polri

Kamis, 18 Juli 2013 – 23:49 WIB
JAKARTA - Pemandangan lain terlihat ketika acara Buka Puasa Bersama jajaran Kepolisian RI dengan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Kamis sore (18/7). Di acara itu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad dan Kabareskrim Komjen Sutarman terlihat berjalan berdua menuju masjid di kompleks Mabes Polri.

Keduanya tampak asyik berbincang. Tidak ada lagi senyum datar maupun tercipta jarak antarkeduanya.

Pemandangan itu tentu berbeda dengan acara buka puasa bersama tahun 2012 lalu. Saat itu, suasana panas tengah menyelimuti hubungan dua lembaga penegak hukum itu.

Saling sindir sempat dilontarkan dua lembaga itu ketika KPK mengusut kasus korupsi di Korlantas Polri yang menjerat Irjen (Pol) Djoko Susilo. Mabes sempat kesal dengan langkah KPK yang melakukan penggeledahan di Korlantas Polri tanpa seijin Korps Bhayangkara itu.

Sedangkan di KPK suasana juga tak kalah panasnya ketika tiba-tiba didatangi puluhan personel polisi untuk menangkap Kompol Novel Baswedan, salah satu penyidik KPK yang notabene juga penyidik kasus korupsi di Korlantas. Namun, seiring dengan berjalannya waktu hubungan dua lembaga itu terlihat membaik.

Kini kasus yang membuat jarak kedua lembaga itu renggang juga telah masuk dalam tahap persidangan. Irjen Djoko kini tengah meringkuk di Rutan Guntur cabang KPK. Ia pun telah menduduki  kursi terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi atas kasus yang sempat dibantah olehnya maupun korps kepolisian.(flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ingin Nyapres, Hatta dan Gita Disarankan Lengser

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler