Sudah 6 Instansi Merampingkan Diri

Rabu, 25 September 2013 – 21:52 WIB

jpnn.com - JAKARTA—Enam kementerian/lembaga (K/L) berinisiatif melakukan restrukturisasi birokrasi. Inisiatif ini dilakukan menyusul program pemerintah yang menginginkan adanya right sizing (perampingan) terhadap 16 K/L.

Adapun enam lembaga yang dimaksud adalah Badan Tenaga Nuklir Nasional ( Batan), Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian BUMN.

BACA JUGA: Polisi Kerahkan 4.924 Personil

Inisiatif restrukturisasi ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar dalam rapat pemaparan hasil audit oleh konsultan di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu, (25/9).

“Kementerian BUMN tinggal 3 deputi sudah saya paraf, dua minggu lalu sudah ke Presiden. Yang lainnya sudah berinisiatif. BKKBN, minta dibantu konsultannya karena enggak ada uang. Jadi kemajuan ini sudah ada enam lagi yang mau right sizing,” tutur Azwar.

BACA JUGA: Foto Mirip CT Tunjuk SBY Beredar Luas

Sebelumnya, dari 16 K/L sudah ada tiga kementerian yang melakukan perampingan di antaranya Kementerian PAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Saat ini disusul dengan persiapan tiga K/L lainnya yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertanian dan lembaga Arsip Nasional RI (ANRI).

Menurut Azwar semakin banyak K/L yang berinisiatif lakukan perampingan akan semakin baik untuk reformasi birokrasi. Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, tuturnya, juga sangat setuju dengan perampingan tersebut.

BACA JUGA: Di Depan Dahlan Iskan, Para Dirut BUMN Teken Siap Bersih

“Evaluasi ini bukan hanya soal mengurangi struktural, tapi kadang-kadang overlapping tugas. Itu yang harus kita luruskan.  Ini sangat penting juga,” tandas Azwar. (flo/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Geledah Rumah Olly, KPK Sita Meja-Kursi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler