Sudah Sepekan, Tim SAR Belum Temukan Mukhromin yang Melompat ke Laut, Semoga

Rabu, 20 Oktober 2021 – 16:39 WIB
Ilustrasi Tim SAR saat melakukan pencarian korban. Foto: ANTARA/HO-Tim SAR

jpnn.com, KOTAWARINGIN BARAT - Pencarian terhadap salah satu penumpang KM Kirana I, Mukhromin (31) belum membuahkan hasil.

Operasi SAR yang terdiri dari KSOP Kumai, BPBD Kobar, Pos AL Kumai, Satpolair Polres Kobar, PMI Kobar, dan masyarakat terpaksa dihentikan karena sudah memasuki hari ketujuh pencarian.

BACA JUGA: Kapal Pengayoman IV Tenggelam di Nusakambangan, Ada Penumpang Narapidana?

Keputusan itu sesuai dengan Undang – Undang Nomor 29 tahun 2014, tentang pencarian pertolongan.

Namun, pencarian bisa saja langsung dilanjutkan bila ada tanda-tanda keberadaan korban.

BACA JUGA: Berita Duka, Harnoko Tewas Mengenaskan

Kasubsi Operasi Basarnas Kalteng, Salman mengatakan memasuki hari ketujuh ini tim SAR masih terus berupaya melakukan pencarian, tetapi setelah berbagai upaya dan metode dilakukan belum juga membuahkan hasil.

“Belum membuahkan hasil, masih nihil,” ujar dia, Selasa (19/10).

BACA JUGA: Penyebar Video Mesum Pelajar SMAN 1 Lahat Sudah Ditangkap, Ini Kata Kapolres

Tim SAR, kata dia, sudah melakukan penyisiran hingga lebih dari 30 neutical mile (NM) dari titik koordinat jatuhnya korban di sekitar 14 mil perairan Tanjung Puting teluk Kumai.

Dalam operasi SAR tersebut selain menghadapi kendala luasnya area pencarian, juga dihadapkan pada kondisi cuaca yang buruk.

Dia menegaskan setelah operasi SAR selesai pada Selasa (19/10), tim langsung mengevaluasi dan menghentikan secara resmi pencarian dan dilanjutkan dengan pemantauan.

Terkait dengan penghentian operasi pencarian terhadap korban, Basarnas juga akan berkoordinasi dengan pihak keluarga apakah pencarian tersebut akan dilanjutkan atau tidak.

“Kalau sesuai dengan SOP tujuh hari operasi SAR sudah dihentikan, tetapi kami lakukan koordinasi dengan keluarga korban apakah ingin dilanjutkan, tetapi semua pengeluaran ditanggung oleh pihak yang meminta,” pungkas Salman.

Sebelumnya, pada 13 Oktober lalu, Mukhromin melompat dari kapal Kirana 1 yang berlayar dari pelabuhan Panglima Utar Kumai Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menuju Semarang, Jawa Tengah.

Mukhromin terjun saat posisi kapal 15 Mil ke arah barat dari Tanjung Puting di perairan Laut Jawa. (tyo/sla/radarsampit)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Lo Cara Gampang Mengecek Chat WhatsApp Pasanganmu Tanpa Aplikasi


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler