Suka Yoga, Ini 5 Manfaatnya yang Luar Biasa

Jumat, 18 Februari 2022 – 06:38 WIB
Yoga atau meditasi di pantai. Foto: Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - UNTUK menjaga kesehatan tubuh, olahraga adalah kegiatan fisik yang paling dianjurkan.

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Mulai dari lari, berenang, bersepeda, hingga yoga.

BACA JUGA: 4 Alasan Kenapa Pria Harus Melakukan Yoga

Yoga benar-benar bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah.

Yoga juga bisa meningkatkan kesehatan seksual Anda, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan stamina dan bahkan mengatasi migrain dan insomnia.

BACA JUGA: Manfaat Berlatih Yoga Setiap Hari

Kedengarannya menarik bukan? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

1. Ini adalah latihan tubuh total

BACA JUGA: 6 Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

Berolahraga sekarang telah menjadi identik dengan terengah-engah di gym.

Namun, itu belum tentu satu-satunya cara untuk berolahraga. Yoga memberi Anda semua yang bisa dilakukan oleh gym, tetapi dengan cara yang damai, aman dan lebih holistik.

Yoga meregangkan otot-otot di tubuh, memberi Anda perut yang kokoh, lengan yang kuat, bokong yang kencang, punggung dan kaki yang kuat. Apa lagi yang bisa Anda minta?

Bagian terbaik dari latihan ini adalah bisa dilakukan sesuai kecepatan Anda dan menggabungkan latihan kardio, fungsional, serta kekuatan menjadi satu.

2. Ini akan membantu Anda menguasai pernapasan dengan benar

Saat Anda melakukan pose apa pun dalam yoga, kamu diajarkan untuk menarik dan mengeluarkan napas dengan kecepatan dan cara tertentu.

Pernapasan yang berulang dan terkontrol ini membantu memasok sejumlah besar oksigen segar ke seluruh bagian tubuh Anda.

Mengingat oksigen adalah satu-satunya hal yang dibutuhkan dalam jumlah besar saat berolahraga, yoga memberi tubuh dan otot Anda semua yang mereka butuhkan untuk menjadi sehat dan kencang.

Selain itu, semua pernapasan meningkatkan kapasitas paru-paru Anda, mencegah timbulnya kram, dan membantu seluruh tubuh bekerja secara optimal.

Jadi tidak ada lagi terengah-engah setelah berolahraga, hanya ketenangan dan pikiran yang tenang.

Selain itu, bernapas dalam-dalam telah dikenal untuk membantu melawan penyakit gaya hidup seperti diabetes, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

3. Menenangkan pikiran Anda

Yoga menuntut agar praktisi berkonsentrasi dan fokus pada apa yang dikatakan tubuh mereka untuk memperhatikan pola pernapasan mereka, berkonsentrasi pada rasa sakit dan nyeri yang mungkin mereka rasakan dan menenangkan pikiran untuk sekadar berkonsentrasi pada diri mereka sendiri.

Selain itu, seluruh latihan ini tidak terlalu merangsang tubuh dan pikiran, yang membuat Anda lebih tenang.

Selain itu, pernapasan dalam juga membantu Anda lebih fokus secara efisien, membuat kamu lebih baik dalam semua aspek kehidupan.

4. Ini akan meningkatkan fleksibilitas Anda

Pernah ingin menyentuh jari kaki dengan jari tanpa menekuk lutut?

Nah, yoga bisa membantu dengan itu. Latihan yoga membantu tubuh mendapatkan kembali kelenturannya secara lembut dengan meregangkan otot-otot di berbagai area tanpa membahayakan mereka.

Bagian terbaik tentang yoga adalah ketika Anda terus melakukannya, kamu akan melihat fleksibilitas Anda meningkat pesat.

Fleksibilitas tidak hanya membantu Anda menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tetapi juga membantu melindungi kamu dari cedera saat berolahraga.

Yoga membantu Anda menjadi lebih kuat dan lebih mampu memenuhi tuntutan kehidupan sehari-hari.

5. Ini akan membantu Anda menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association menemukan berlatih yoga benar-benar bisa membantu mempromosikan pola makan yang penuh perhatian.

Ini adalah praktik di mana seseorang memperhatikan makanan yang mereka makan dan membuat pilihan yang bijaksana tentang apa yang baik untuk tubuh mereka.

Selain itu, yoga adalah bentuk latihan yang sangat efektif yang bisa dilakukan bahkan oleh orang gemuk.

Memberi mereka kesempatan untuk menurunkan berat badan dengan melakukan bentuk latihan yang mengencangkan seluruh tubuh, mendorong sistem metabolisme dan membantu membakar lemak yang mengarah ke penurunan berat badan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler