Sukarelawan Ganjar Asah Kreativitas Santri Lewat Pelatihan Membuat Kaligrafi

Minggu, 14 Mei 2023 – 15:16 WIB
Pelatihan kaligrafi yang diadakan Santri Dukung Ganjar di Maros, Sulsel. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, MAROS - Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) kembali menggelar kegiatan positif untuk meningkatkan kualitas para anak didik di pondok-pondok pesantren yang ada di Sulawesi Selatan.

Salah satunya lewat pelatihan penulisan kaligrafi yang digelar di Pondok Pesantren Al-Mubarak di Desa Majannang, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Sulsel pada Minggu (14/5).

BACA JUGA: Ganjar Sampaikan Pesan Begini kepada Relawan Jokowi, Tolong Disimak

Dengan dipandu pembuat kaligrafi profesional, para santri dibebaskan membuat tulisan kaligrafi dengan berbagai gambar hiasan sesuai dengan kreativitas mereka.

Koordinator Wilayah SDG Sulsel Ahmad Zulfikar mengatakan pelatihan penulisan kaligrafi ini berguna untuk mengasah kreativitas para santri.

BACA JUGA: Ganjar Dorong Kader PDIP Jabar Untuk Maksimalkan Dukungan di 2024

"Ini guna mendorong dan mengembangkan kreativitas, nilai seni, serta memperkenalkan kepada santri dan santriwati bahwa kaligrafi ini merupakan bagian dari seni di Islam," ujarnya.

Adapun dalam pelatihan tersebut para santri juga dibekali materi tentang asal muasal penulisan, jenis-jenis, hingga fungsi dan kegunaan kaligrafi.

BACA JUGA: Kowarteg Dukung Ganjar Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Ibu Lansia

Kegiatan ini juga diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang tata cara penulisan kaligrafi dan huruf arab yang benar, serta menanamkan nilai-nilai keindahan dan kecintaan kepada Al-Qur’an.

Dalam kunjungan ke Ponpes Al-Mubarak, SDG Sulsel juga menyerahkan bantuan material untuk renovasi ruang kelas para santri yang rusak.

"Semoga dari bantuan yang kami berikan berupa bahan material, bisa bermanfaat dan digunakan untuk renovasi pondok pesantren ini," kata Zulfikar.

Mereka pun berkomitmen untuk terus melanjutkan kegiatannya yang bermanfaat lainnya. Tidak hanya di ponpes tetapi juga dengan majelis-majelis taklim di Sulsel.

Program ini, disebut Zulfikar terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang dikenal atas kedekatannya terhadap kalangan santri dan jemaah majelis.

"Rencana kegiatan berikutnya, kami akan melakukan workshop sertifikasi halal. Yang nantinya kami akan bekerja sama dengan majelis-majelis taklim,” kata dia. (cuy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kenang Peristiwa Reformasi, Ganjar Cerita Jadi Saksi Wartawan Inggris Tertembak


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler