Sukses Gelar OSN 2022, Kemendikbudristek: Ini Kado Terindah 

Sabtu, 06 Agustus 2022 – 21:36 WIB
Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sekaligus Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, TANGERANG - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah sukses menyelenggarakan ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022 untuk jenjang SD dan SMP.

Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek, Muhammad Hasbi mengatakan peserta OSN 2022 merupakan generasi emas bagi masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik.

BACA JUGA: Raih Perunggu OSN 2019, Siswa SMP Cahaya Rancamaya Juarai IJSO Qatar

Menurutnya, penguasan ilmu sains merupakan hal dasar bagi kemajuan teknologi Indonesia.

“Bantulah teman-teman kalian dalam memahami sains tanpa harus membebani diri kalian," terang Muhammad Hasbi saat menutup secara resmi OSN 2022 di Tangerang, Sabtu (6/8).

BACA JUGA: Kemendikbudristek: Belum Ada Penempatan Guru Lulus PG, Jangan Sebar Data tidak Jelas

Hasbi berharap ajang OSN menjadi wadah silaturahmi seluruh siswa peserta dari wilayah Indonesia yang beraneka ragam. Para peserta OSN disebut menjadi kado terindah bagi Indonesia di hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 tahun.

Senada dengan Direktur SD, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sekaligus Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi menyampaikan OSN 2022 tidak hanya memupuk prestasi akademik siswa saja melainkan juga menanamkan karakter luhur Pancasila.

BACA JUGA: Heboh Daftar Nama & Penempatan Guru Lulus PG, Kemendikbudristek Beri Penjelasan

"Kami ingin memupuk kecerdasan dan juga menanamkan karakter Pelajar Pancasila menjadi bagian dari Manajemen Telenta Nasional," ungkap Asep Sukmayadi. 

 Asep melanjutkan, OSN menandai pesan kemerdekaan RI tahun ini, yaitu pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

"15-20 tahun kemudian, adik-adik akan meraih emas yang sesungguhnya dalam generasi Indonesia emas," ucap Asep. 

Sebagai informasi, peserta OSN 2022 jenjang SD dan SMP merupakan hasil seleksi dari total peserta 88.975 siswa.

Tes OSN telah dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada 2 dan 3 Agustus 2022 secara serentak di seluruh Indonesia dan peserta Indonesia yang berada di wilayah luar negeri. 

OSN tingkat nasional tahun 2022 ini menghasilkan 60 pemenang jenjang SD dan 135 pemenang jenjang SMP.

Selain diberikan medali emas, perak, dan perunggu, peserta juga diberikan plakat penghargaan predikat kategori The Best Theory (Teori Terbaik), The Best Overall (Keseluruhan Terbaik), The Best Observation (Observasi Terbaik), dan The Best Exploration (Eksplorasi Terbaik) untuk OSN SD bidang lomba Matematika dan IPA. 

Plakat penghargaan predikat juga diberikan untuk kategori Best Theory dan Best Observation untuk OSN jenjang SMP bidang lomba IPA dan IPS. 

Kemendikbudristek juga melalui Puspresnas akan memberikan E-Sertifikat kepada seluruh peserta dan Piagam Penghargaan bagi para pemenang yang ditandatangani oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim serta uang pembinaan kepada para pemenang peraih medali OSN SD dan SMP tingkat nasional tahun 2022. (esy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler