Sukses Lahirkan Inovasi di Kala Pandemi, Dirut BRI Sunarso Raih Best CEO of The Year

Selasa, 24 November 2020 – 21:33 WIB
Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso kembali meraih penghargaan Best CEO of The Year. Foto dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso kembali meraih penghargaan Best CEO of The Year untuk kategori Sustainable Development Goals Contribution pada malam puncak penganugerahan People of The Year 2020 pada Rabu (18/11).

Penghargaan People of The Year 2020 merupakan acara tahunan yang digelar Metro TV sebagai bentuk apresiasi kepada figur-figur inspiratif yang berkontribusi dalam membangun negeri.

BACA JUGA: TOP! BRI Salurkan KUR Super-Mikro Rp6 Triliun dalam 2 Bulan, Jangkau 700 Ribu Lebih Nasabah

Terdapat lima kategori yang diberikan dalam ajang People of The Year 2020 yakni Best of Government Officer, Best CEO of The Year, Best Social Media Movement of The Year, People Of The Year dan Lifetime Achievement.

Adapun kategori Best CEO of The Year diberikan kepada pemimpin perusahaan yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia, sehingga bisa diakses akuntabilitas dan performa perusahaan secara transparan.

BACA JUGA: Pengisian Deposit INDODAX Kini Bisa Pakai Fitur Virtual Account BRI

Selain itu, di bawah kepemimpinan Sunarso visi dan misi perusahaan terhadap sosial kemasyarakatan tereksekusi dengan baik serta memiliki kemampuan dalam menjaga keberlangsungan bisnis dan meningkatkan nilai jangka panjang bisnis, dengan senantiasa melakukan inovasi dan kreativitas.

Tahun ini, pandemi Covid-19 telah melahirkan tantangan yang besar bagi dunia bisnis di tingkat global maupun nasional.

BACA JUGA: TOP! Bank BRI Borong 14 Penghargaan ESG Awards 2020

Di satu sisi, menjadi CEO atau pemimpin perusahaan bukanlah mudah, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang menantang saat ini.

Seorang pemimpin harus mampu menghadapi berbagai tantangan dan melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif agar perusahaan yang dipimpinnya terus maju dan berkembang.

Sosok Sunarso sebagai CEO, dinilai sukses menghadirkan inovasi dan kreativitas melalui transformasi di tubuh perseroan.

Dalam ajang penghargaan People of The Year 2020, BRI di bawah kepemimpinannya juga dinilai mengambil peran penting dalam mendukung program-program pemerintah untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Penghargaan ini didedikasikan Sunarso untuk seluruh insan BRILian yang tidak kenal menyerah dan selalu bertransformasi untuk segera keluar dari krisis yang disebabkan pandemi Covid-19.

“Yang paling saya hargai tinggi dari penghargaan ini adalah pengakuan atas seluruh kerja keras insan BRILian di seluruh Indonesia yang tetap berkomitmen menyelamatkan UMKM di tengah pandemi yang tengah terjadi,” ucap Sunarso.

Bank BRI, lanjut Sunarso, berkomitmen terus menjunjung penerapan nilai-nilai sosial dan ekonomi (economic values) dalam menjalankan bisnisnya.

Untuk itu, BRI terus meningkatkan kualitas dalam memberi pelayanan terhadap masyarakat, terutama segmen UMKM.

Penerapan nilai sosial dan ekonomi dalam menjalankan bisnis bisa dilakukan secara bersamaan.

Hal ini berhasil dibuktikan Bank BRI yang sukses menghadirkan layanan keuangan terbaik bagi nasabah kecil dan di pelosok, serta di sisi lain terjaga profitabilitasnya.

“Bank BRI mampu mempertahankan kinerja yang positif di tengah pandemi tentunya itu suatu hal yang membanggakan,” papar Sunarso.

UMKM yang menjadi fokus bisnis Bank BRI, menjadi segmen yang penting karena kelompok ini memberikan sumbangsih yang sangat besar bagi perekonomian, yakni 68% terhadap produk domestic bruto (PDB) dan 97% bagi penyerapan tenaga kerja nasional.

Menurut Sunarso, transformasi Bank BRI mengarah pada digital dan culture yakni digitalisasi diimbangi dengan perubahan perilaku dan mindset.

“Bank BRI ke depan harus bisa melayani rakyat sebanyak mungkin dengan biaya serendah mungkin. Go smaller, go faster, go shorter dan go cheaper. Ini yang kami komunikasikan dengan sederhana, sehingga seluruh jajaran tidak sulit untuk menangkap pesan seorang CEO,” jelasnya.

Berbeda dengan tahun lalu, wabah pandemi covid 19 yang terjadi sepanjang tahun menjadi pertimbangan para dewan Juri.

Bagaimana sang tokoh tersebut mampu membuat terobosan atau inovasi untuk mempertahankan diri dari situasi ancaman krisis, bagaimana mampu memberikan keteladaan menggunakan protokol kesehatan, bagaimana kepedulian sosial di tengah pandemi.

“Merekalah orang-orang yang memberikan tapakan sedikit demi sedikit atau bahkan banyak dalam mencapai Indonesia yang adil dan makmur, sehat dan cerdas. Akhirnya kami jadikan contoh dan inspirasi ke depan. Kami berharap, tokoh-tokoh yang telah mendapatkan penghargaan ini, tetap konsisten memberikan keteladanan bagi bangsa dan negara,” tandas Pemimpin Redaksi Metro TV Arief Suditomo.(IKL/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler