Sukses Tumbangkan Persib, PSMS Medan Kokoh di Puncak Grup A

Senin, 22 Januari 2018 – 03:00 WIB
Pemain PSMS Medan saat selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persib Bandung, tadi malam. Foto: istimewa

jpnn.com, BANDUNG - PSMS Medan sukses menumbangkan tuan rumah Persib Bandung pada Grup A Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (21/1) malam.

Anak asuh Djadjang Nurdjaman itu mampu menyarangkan dua gol tanpa balas ke gawang Maung Bandung, julukan Persib.

BACA JUGA: Suhandi: Tidak Mungkin Saya Selebrasi

PSMS patut berterima kasih atas penampilan cemerlang kiper Abdul Rohim yang juga konsisten pada 45 babak kedua.

Dengan hasil ini, Ayam Kinantan kokoh di puncak klasemen grup A dengan enam poin dari dua kali kemenangan. Sebelumnya PSMS menang atas PSM Makassar dengan skor 2-1, Selasa (16/1).

Selanjutnya posisi kedua diraih Sriwijaya FC (SFC) yang Minggu sore mengalahkan PSM dengan skor 3-0. Persib dan SFC sama-sama mengoleksi tiga poin namun unggul selisih gol.

BACA JUGA: Pelatih PSIS: Seharusnya Laga Kontra BFC Bisa Imbang

Dalam pertandingan ini tak ada yang menyangka Legimin Raharjo dkk mampu menang apalagi menceploskan dua gol. Pasalnya, sepanjang pertandingan tim tuan rumah menguasai jalannya pertandingan.

Namun, PSMS mampu membuktikan diri bisa bicara banyak meski berstatus tim underdog lewat gol Frets Listanto Butuan pada menit 25 dan Antoni Putro Nugroho menit 28.

BACA JUGA: Menang Tipis, Pelatih Bhayangkara FC Sebut Timnya Beruntung

Tak gampang bagi PSMS untuk menceploskan si kulit bundar ke jala lawan, pasalnya pemain Persib silih berganti menyerbut ke gawang PSMS yang dijaga Abdul Rohim.

Dan, keputusan memainkan Abdul Rohim sejak awal pada laga ini adalah pilihan tepat. Ya, mulai menit ke-8, kiper kelahiran Asahan, Sumatera Utara yang jadi cadangan saat lawan PSM itu mampu menepis empat peluang emas Maung Bandung.

Ini diawali skill apik mantan pemain PSMS, In Kyun Oh yang berkali-kali memberikan umpan cantik ke rekan-rekannya yang berkumpul di kotak penalti PSMS. Tercatat dua peluang emas dari Puja, Ezechiel dan Atep mampu dimentahkan Abdul Rohim.

Tujuh menit kemudian, Persib kembali membahayakan PSMS. Kali ini lewat tendangan Victor Igbonefo yang melebar dari gawang PSMS.

PSMS yang terus digempur berhasil mencuri peluang dan membangun serangan. Pada menit 25 diawali umpan dari Alwi Selamet ke Frets Butuan langsung digiring dari sisi kiri dan melepaskan tendangan ke gawang Persib dan gol!

Skor pun langsung berubah 1-0 untuk PSMS. Persib tak tinggal diam dan langsung menusuk pertahanan PSMS. Lagi-lagi kiper Rohim mampu menggagalkan tendangan bebas yang dilakukan In Kyun Oh.

Setelah unggul satu gol, skuad PSMS mulai percaya diri dan berani menyerang. Tak berselang lama, gol kedua PSMS tercipta. Kali ini pada menit 29, Samuel Nainggolan melepaskan tendangan namun ditepis kiper Persib Natsir, bola muntahan tersebut langsung disambar Antoni Nugroho yang berdiri bebas tanpa kawalan.

Skor menjadi 2-0 untuk Ayam Kinatan-julukan PSMS. Ini adalah gol kedua Antoni di Piala Presiden 2018. Sebelumnya, satu golnya juga tercipta saat PSMS mengalahkan PSM.

Sayangnya, pada menit 35, kiper PSMS Abdul Rohim harus mendapatkan perawatan di lapangan karena cedera di bagian pelipis matanya usai berduet dengan striker asing PSMS, Eczechiel.

Pelipis Rohim pun tampak dipasang dengan perban. Selanjutnya permainan semakin ketat.

Jelang berakhirnya babak pertama, kapten PSMS Legimin Raharjo menerima kartu kuning karena mentekel Atep. Sedangkan, pemain Persib, Ezechiel juga diganjar wasit kartu kuning usai melakukan diving saat melakukan serangan ke gawang PSMS.

Hingga pertandingan 45 menit babak I, skor 2-0 bertahan untuk PSMS.

Selanjutnya, pada babak kedua, Persib semakin gencar menyerang untuk mengejar ketertinggalan. Namun, lagi-lagi serangan terhenti di barisan belakang yang ketat dijaga Reinaldo Lobo dan Muhamad Roby serta cemerlangnya Abdul Rohim.

Kiper yang masih tampil dengan perban itu kembali melakukan penyelamatan pada menit 56. Peluang emas Persib melalui Ezechiel berhasil ditepis Rohim.

Permainan semakin sengit, Sadney Urikhob ditekel bek Persib Bojan. Keduanya saling beragumen di lapangan dan saling dorong.

Keduanya akhirnya diganjar masing-masing kartu kuning. Selain itu, pada babak kedua kartu kuning juga didapat dua pemain PSMS lainnya Muhammad Alwi Selamat dan Erwin Ramdani.

Pelatih PSMS, Djajang Nurjaman sempat melakukan pergantian pemain. Dengan memasukkan Suhandi dan mengeluarkan Samuel Nainggolan, juga Abdul Azis dan menarik Alwi Selamat.

Namun, hingga pertandingan usai skor 2-0 menjadi milik PSMS.

Masih ada satu laga sisa yang harus dilakoni PSMS di grup A, yaitu melawan Sriwijaya FC dan Persib akan melawan PSM. (nin)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tragis, Bunuh Diri Zaenuri Buyarkan Kemenangan Arema


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler