Sulap Kawasan Pesisir, Bupati Zaki Diganjar Penghargaan Spesial

Selasa, 08 November 2022 – 21:28 WIB
Berkat kegigihannya mengubah kawasan kumuh di pesisir, Bupati Zaki diganjar penghargaan. Foto Humas Pemkab Tangerang 

jpnn.com, KABUPATEN TANGERANG - Pemerintah Kabupaten Tangerang berhasil menyulap kawasan pesisirnya menjadi sentra ekonomi dan destinasi wisata.

Kini, daerah yang masuk dalam wilayah Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Tangerang itu menjadi kawasan ekowisata yang dikenal dengan nama Ketapang Aquaculture dan berhasil menarik wisatawan.

BACA JUGA: Peringatan HUT Golkar di DKI Jakarta, Ahmed Zaki Soroti Berbagai Permasalahan

Bukan itu saja, kawasannya juga menjadi percontohan dunia sehingga ditunjuk sebagai lokasi agenda international Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022.

Forum internasional yang diselenggarakan pada 25-29 Oktober itu dihadiri perwakilan berbagai negara.

BACA JUGA: Meramaikan Sumpah Pemuda, Nelayan Aruna & Masyarakat Pesisir Bersih-Bersih Pantai 

Atas kegigihan mengubah kawasan tersebut, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar diganjar penghargaan Special Award: The Most Integrated Green Fishery Village, Ecosystem Development in Regency dalam Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022 di Manhattan Hotel Jakarta, Selasa (8/10).

"Kami berterima kasih atas penghargaan ini dan kami persilakan rekan-rekan berkunjung ke Kabupaten Tangerang," kata Zaki Iskandar dalam keterangan yang diterima, Selasa (8/11).

BACA JUGA: Ini Lho Pemeran Video Syur Kebaya Merah, Oalah

Penghargaan spesial itu diberikan atas konsistensi Bupati Zaki dalam meningkatkan perekonomian dan infrastruktur di kawasan pesisir Kabupaten Tangerang.

Kini, selain wilayah itu berubah total dan hilang dari kesan kumuh, kawasan tersebut juga menjadi lokasi budi daya berbagai jenis ikan.

"Alhamdulillah, dahulu enggak bisa untuk memelihara ikan karena airnya tercemar, kini setelah mangrove tumbuh subur, berbagai jenis ikan bisa hidup, bahkan udang vaname sudah panen beberapa kali," tuturnya.

Berkat tangan dingin Bang Zaki, kini kawasan pesisir tersebut telah berkembang menjadi sentra ekonomi baru dan ramah ekosistem laut. Salah satu program yang dilaksanakan adalah Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan).

Program itu fokus pada upaya pemulihan ekonomi masyarakat pesisir dan juga penataan pemukiman, mulai dari bangunan, sanitasi hingga infrastruktur. Selain itu, juga dibenahi dari sisi fasilitas kesehatan, sentra perdagangan dan juga pendidikan.

"Alhamdulillah belum lama ini Desa Ketapang menjadi lokus untuk kunjungan dan juga diskusi dari kemitraan kota-kota pesisir pantai di Asia Timur," ujarnya

Ada 8 wali kota dari 10 negara di Asia Timur yang hadir berkunjung langsung melihat perkembangan di Kabupaten Tangerang, tambah Bupati Zaki.

Tidak hanya Desa Ketapang yang dilakukan pembenahan. Setidaknya ada empat desa lagi yang menjadi fokus pembangunan pesisir, yaitu Desa Kronjo, Surya Bahari, Tanjung Pasir, dan Marga Mulya yang dibangun menyesuaikan kebutuhan masing-masing wilayah. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PPPK 2022: Sebegini Formasi Guru, Tenaga Kesehatan, dan Fungsional di Bogor


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler