Sumbar Jadi Tuan Rumah Penas XVI 2020

Kamis, 11 Mei 2017 – 20:25 WIB
Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim saat menghadiri penutupan Penas XV di Aceh Besar, Aceh, Kamis (11/5). Foto: M Fathra/JPNN.com

jpnn.com, ACEH BESAR - Ketua Umum Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional Winarno Tohir menetapkan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sebagai tuan rumah Pekan Nasional (Penas) XVI Petani dan Nelayan Tahun 2020.

Ini disampaikan Winarno dalam laporannya saat penutupan Penas XV Aceh di Stadion Harapan Bangsa, Aceh Besar, Kamis (11/5).

BACA JUGA: Arena Penas XV Ditetapkan Jadi Agro Wisata Aceh

"Penas berikutnya tahun 2020 akan diselenggarakan di Sumatera Barat," ujar jebolan Institut Pertanian Tanjung Sari, Sumedang itu.

Pada acara tersebut, Winarno didampingi Sekjen Kementerian Pertanian Hari Priyono dan Gubernur Aceh Zaini Abdullah, langsung menyerahkan Pataka KTNA kepada Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim.

BACA JUGA: Bu Susi: Jangan Sampai Nelayan Kecil Harus Dipenjara!

"Kami berterima kasih bahwa Pataka sudah diserahkan ke Sumatera Barat. Kami punya waktu 3 tahun lagi mempersiapkannya," ujar Muslim.

Sekembali dari Aceh, pihaknya akan langsung melaporkan keputusan forum Penas XV yang memercayakan pelaksanaan Penas XVI kepada Sumbar. Koodinasi juga akan dilakukan dengan 19 kabupaten dan kota di Bumi Minang.

BACA JUGA: Penyakit Kanker Mengancam Jiwa Nelayan?

"Untuk tempat sudah pasti di Kota Padang, ada bekas bandara (Tabiang, Tunggul Hitam-red) sekitar 200 hektar. Transportasi lancar insyaallah, penginapan di Padang sekarang ada 2000 kamar. Jadi tidak usah takut, sumbar insyaallah siap," tegas dia.

Sedangkan tentang tema yang diangkat pada Penas XVI di Padang, pihaknya akan berkoodinasi dengan KTNA Nasional dan Kementerian Pertanian. Termasuk soal komoditas unggulan yang akan ditonjolkan.

"Di Sumbar produksi padi bagus, nelayan juga bisa. Tapi nanti kami lihat mana yang terbaik untuk ditampilkan dalam Penas XVI 2020. Aceh sekarang sudah sukses, tentu kami juga ingin sukses, juara umum juga," ucapnya sembari tersenyum.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bupati dan Petani Tabanan Terima Satya Lencana dari Jokowi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PENAS XV   petani   nelayan  

Terpopuler