Superfantastis! Rossi Juara, Marquez Kedua, Lorenzo Marah-marah

Minggu, 05 Juni 2016 – 19:52 WIB
Valentino Rossi saat melahap salah satu tikungan di Sirkuit Catalunya. Foto: AFP

jpnn.com - CATALUNYA - MotoGP Catalunya berakhir penuh drama. Rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi berhasil menjadi yang tercepat usai duel ketat dengan jagoan Repsol Honda Marc Marquez di Circuit de Barcelona, Catalunya, Minggu (5/6) malam WIB.

Drama sudah dimulai sejak start. Jorge Lorenzo melesat, mendahului Marc Marquez yang berada di pole position. Posisi awal balapan 25 lap ini, di kelompok terdepan, Lorenzo, Marquez dan Dani Pedrosa.

BACA JUGA: Tai Tzu Ying Bikin Gelar Indonesia Open Dibagi Rata

Di kelompok sedikit di belakangnya, Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Andrea Iannone juga bersaing ketat. Pelan dan pasti, Rossi dan Vinales mendekati Pedrosa membuat kelompok terdepan menjadi lima rider.

Hanya sesaat, ketika usia balapan baru dua lap, Rossi menyalip Pedrosa, meninggalkan rider Honda itu bersaing ketat dengan Vinales.

BACA JUGA: Istora Histeris!! Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong Juara dan Buka Baju

Di depan, Lorenzo, Marquez dan...Rossi!

Kuda Besi Rossi tampak makin ganas. Marquez terus dipepet. Namun Marquez juga terlihat bukan memikirkan lawan di belakang, tetapi bagaimana menyalip Lorenzo yang tak jauh dari roda depannya.

BACA JUGA: Pelatih asal Lampung Ini Lolos Seleksi Wasit dan Juri Nasional

Rossi! Valentino Rossi menyalip Marquez saat balapan menyisakan 20 lap lagi. Marquez belum menyerah. Tiga rider on fire. Lorenzo, Rossi dan Marquez.

Rossi di depan, Rossi menyalip Lorenzo satu lap setelah menyalip Marquez.

Marquez juga beraksi, menempel Lorenzo dan akhirnya menggesernya ke belakang. Rossi, Marquez, Lorenzo. Wow!

Entah tunggangan Lorenzo yang sedang bermasalah, entah Pedrosa dan Vinales yang lagi gila. Tiba-tiba, dua rider itu sudah mendekat...dan Pedrosa menyalip Lorenzo di saat race menyisakan 17 lap lagi.

Vinales pun tampak sedang on fire, menunggu waktu mengasapi Lorenzo. Dua kali berhasil, namun darah muda Vinales membuat dia melebar dan kembali disalip Lorenzo.

Posisi? Rossi dan Marquez sedikit di depan, Pedrosa di tengah, Lorenzo dan Vinales bertarung habis-habisan untuk posisi keempat.

Ini dia! Vinales akhirnya menyalip dan meninggalkan Lorenzo di saat kebut-kebutan menyisakan 14 lap lagi.

Di depan, Marquez terus menekan Rossi. Penonton tampak tegang, balapan hanya menyisakan sembilan lap lagi. Kedua rider masih tampak on fire dengan Kuda Besi-nya.

Di belakang, kecelakaan terjadi. Andrea Iannone yang sudah menekan Lorenzo untuk tempat keenam, ingin menyalip Lorenzo saat terlihat juara bertahan MotoGP itu melebar di tikungan. Namun Lorenzo mendadak kembali ke jalurnya dan Iannone tak bisa menahan tunggangannya menabrak bagian belakang motor Lorenzo.

Dramatis. Kedua rider jatuh terempas ke luar lintasan. Lorenzo tampak kecewa dan marah.

Kembali ke depan. Rossi masih terus mendapat tekanan dari Marquez hingga balapan menyisakan enam lap lagi. Tak ada tanda Marquez menyerah. Yang ada malah...sinyal Marquez mengantongi strategi menaklukkan Rossi di lap-lap terakhir.

Dan ya...Marquez sempat menyalip Rossi, sesaat, kemudian disalip lagi. Di trek lurus, dua rider side by side...

Marquez terus menempel, Rossi mencoba meng-gas habis motornya. Mencekam.

Tiga lap lagi! Marquez menyalip. Rossi gantian menyerang. Marquez bertahan di depan..bertahan..bertahan. Rossi belum menyerah, mendekati ban belakang Marquez.

Dua lap lagi! Rossi menyalip di trek lurus sebelum masuk turn 1. Rossi di depan lagi. Ya Rossi di depan. Tegaaang.

Rossi kesetanan. Bukan setan, kesetanan! Marquez mulai berjarak dari Rossi saat last lap. 

Belum, Marquez masih mengejar. Rossi tahu garis finis sedikit lagi. Rossi di depan, terus di depan, semakin di depan dan akhirnya menyentuh garis finis pertama. Wiih. 

Rossi pertama, Marquez kedua, Pedrosa ketiga dan Vinales keempat.

Hasil lengkap MotoGP Catalunya menyusul usai yang satu ini. (adk/jpnn) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... MERINDING! Begini Kalimat Don King atas Meninggalnya Muhammad Ali


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler