Suplemen Ini Bisa Menyelamatkan Anda dari Virus Corona, Benarkah?

Senin, 18 Mei 2020 – 10:37 WIB
Ilustrasi suplemen untuk tubuh. Foto: vanhoadoanhnghiepvn

jpnn.com, JAKARTA - Para ahli medis berlomba menemukan cara untuk melawan penularan virus corona atau COVID-19. Mereka menemukan bahwa ada beberapa suplemen yang bisa melawan virus tersebut.

Anda mungkin mengetahui bahwa vitamin D bisa membantu mencegah virus corona. Tetapi menurut penelitian baru dari New York University, penambahan suplemen lain juga bisa membuat perbedaan jika Anda memang terkena coronavirus, yakni zinc.

BACA JUGA: Pilih-Pilih Suplemen Tepat untuk Imunitas Tubuh

Philip M. Carlucci, seorang mahasiswa kedokteran di Sekolah Kedokteran Grossman Universitas New York, dan rekan-rekannya melihat catatan 932 pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit dari 2 Maret hingga 5 April.

Mereka membandingkan hasil dari 411 pasien yang menerima obat antimalaria hydroxychloroquine dan azithromycin plus zinc dengan 521 pasien yang hanya menerima hydroxychloroquine dan azithromycin saja.

BACA JUGA: Ingat! Vitamin dan Suplemen Tidak Melindungi Anda dari Corona

Dalam studi tersebut, Carlucci dan timnya menemukan bahwa penambahan seng meningkatkan frekuensi pasien yang dipulangkan.

Penambahan seng juga mengurangi kebutuhan penggunaan ventilasi, mengurangi pasien masuk ke ICU, dan mengurangi kematian pasien akibat COVID-19.

BACA JUGA: Benarkah Jamur Cordyceps Berpotensi Lawan Corona?

"Studi ini memberikan bukti in vivo pertama bahwa seng sulfat yang dikombinasikan dengan hydroxychloroquine bisa memainkan peran dalam manajemen terapi COVID-19," catat para peneliti.

Seng telah lama disebut-sebut sebagai suplemen yang bisa membantu mengatasi pilek dan infeksi saluran pernapasan atas.

"Ada bukti bahwa seng oral bekerja dengan baik," kata Ian Tullberg, MD, direktur medis Urchent Care Kelompok UCHealth Medical Group, seperti dilansir laman MSN, Minggu (17/5).

Persediaan yang para ahli kesehatan miliki saat ini adalah tablet hisap seng. Tablet hisap ini telah terbukti efektif dalam memblokir coronavirus dan sebagian besar virus lainnya dari berkembang biak di tenggorokan dan nasofaring Anda.(fny/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler