Supply Chain & National Capacity Summit 2024 Bahas Kunci Hadapi Tantangan Global

Jumat, 16 Agustus 2024 – 02:10 WIB
Rangkaian acara Supply Chain & National Capacity Summit 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (15/8). Foto: Dok. Divisi dan Program Komunikasi SKK Migas

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah, pelaku industri hulu migas, dan para pemangku kepentingan terkait terus berkomitmen melakukan transformasi pengelolaan rantai suplai yang adaptif untuk menghadapi tantangan energi di masa depan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, mengatakan bahwa percepatan digitalisasi di berbagai sektor, termasuk dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, harus terus dilanjutkan.

BACA JUGA: Perhutani dan SKK Migas Tanam Ribuan Bibit Pohon di Bogor

Hal tersebut diungkapkannya saat pembukaan acara Supply Chain & National Capacity Summit 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (15/8).

"Penerapan e-catalog adalah salah satu keberhasilan terbesar yang telah kita capai, dan ini adalah pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah pemerintahan kita," ungkap Luhut Pandjaitan.

BACA JUGA: SKK Migas Gelar Kompetisi Foto dan Video Reels, Hadiahnya Jutaan Rupiah

Pada kesempatan yang sama, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif menyatakan pentingnya rantai suplai yang efektif dan efisien sebagai fondasi suksesnya industri migas.

"Kita membutuhkan pengelolaan rantai suplai yang tidak hanya tangguh tetapi juga fleksibel beradaptasi dengan perubahan pasar," imbuh Arifin Tasrif.

BACA JUGA: SKK Migas Hadirkan Covey dalam Forum Leadership Hulu Migas 2023

Dalam sesi COO Forum, Deputi Eksploitasi SKK Migas, Wahju Wibowo, menjelaskan bahwa tantangan ketahanan energi nasional diproyeksikan terus meningkat hingga tahun 2050.

Meskipun ada perubahan dalam komposisi energy mix, gas diperkirakan tetap menjadi sumber energi dominan.

Menurutnya, SKK Migas fokus pada optimalisasi aset dan percepatan produksi sebagai langkah antisipatif memenuhi kebutuhan energi nasional.

“Di tengah tantangan yang ada, peluang untuk pertumbuhan dan inovasi di sektor hulu migas masih menjanjikan. SKK Migas berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan industri ini melalui strategi yang berkelanjutan dan berorientasi pada masa depan,” jelasnya.

Wahju Wibowo menambahkan, dalam rencana jangka panjang, SKK Migas menerapkan empat strategi utama untuk memastikan keberlanjutan produksi.

Antara lain, meningkatkan nilai aset yang ada, mengubah sumber daya menjadi produksi, meningkatkan kapasitas lokal, dan melakukan eksplorasi untuk menemukan cadangan minyak dan gas baru.

Dua pelaku utama hulu migas yang turut hadir di sesi COO Forum, yakni Direktur SDM & Penunjang Bisnis PT Pertamina Hulu Energi, Whisnu Bahriansyah serta Direktur & COO Medco Energi, Ronald Gunawan memperkuat pandangan tersebut.

Kedua tokoh tersebut memaparkan strategi menghadapi tantangan energi di masa depan.

Whisnu menjelaskan, peran Pertamina dalam perekonomian nasional semakin signifikan dengan kontribusi besar terhadap penerimaan negara melalui pajak dan PNBP.

"Pertamina mendukung program pemerintah dengan mengintegrasikan teknologi digital di setiap lini operasi perusahaan. Upaya ini tidak hanya mendukung visi pemerintah dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi, tetapi juga memperkuat peran Pertamina memperkuat ketahanan energi nasional," ujarnya.

Sementara itu, Ronald Gunawan dalam paparannya menjelaskan, Medco terus berinovasi dalam mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi operasional, sebagai bagian dari komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan.

"Hal ini sejalan dengan komitmen global untuk pengurangan emisi karbon, sekaligus memperkuat posisi Medco sebagai pemain utama di industri energi," tambahnya.

Menurutnya, secara keseluruhan, Medco berkomitmen mengembangkan bisnis energi dan sumber daya alam yang berkelanjutan, dengan fokus pada pengembangan proyek berskala besar dan energi rendah karbon seperti CCS, LNG, dan hidrogen.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, Supply Chain & National Capacity Summit 2024 merupakan acara pertama setelah sembilan tahun absen.

Acara tersebut kembali digelar mengingat dinamika industri hulu migas yang semakin ketat dan kompetitif, terutama dalam pengelolaan rantai suplai.

Tema yang diusung dalam acara ini, Navigating Long Term Plan Through Integrated Supply Chain for National Capacity Building, sangat relevan dengan tujuan SKK Migas untuk mencapai produksi 1 juta barel per hari (BOPD) dan 12 miliar kaki kubik gas per hari (BSCFD).

Digitalisasi dalam pengelolaan rantai suplai menjadi salah satu pilar strategis industri hulu migas.

"Kami telah mengimplementasikan platform IOG e-Commerce untuk pengadaan barang dengan nilai hingga Rp 1 miliar. Inisiatif ini diharapkan mempercepat proses pengadaan, memperluas pasar bagi penyedia barang lokal, dan menciptakan kompetisi yang sehat,” ucap Dwi Soetjipto.

Sementara itu, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko menegaskan bahwa SKK Migas terus membangun kolaborasi dengan sektor swasta dalam penerapan digitalisasi dan pengelolaan rantai suplai yang adaptif.

“Kita perlu memastikan suplai yang stabil bagi kebutuhan, sehingga daya saing industri hulu migas nasional meningkat, terutama dalam menghadapi tantangan global," tutupnya.

 (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler