Supri Cetak Gol, Timnas Indonesia U-19 Raih Kemenangan Atas Qatar

Kamis, 17 September 2020 – 23:15 WIB
Timnas Indonesia U-19 saat menjalani game internal. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan perdana dalam uji coba setelah menaklukkan Qatar U-19 2-1 di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia, Kamis (17/9) malam.

Garuda Nusantara di bawah polesan Shin Tae Yong memang lebih mengandalkan permainan bertahan yang dibarengi dengan counter attack cepat.

BACA JUGA: Ada Pejabat Pemprovsu Diduga Terlibat Kasus Pornografi, Edy Rahmayadi: Bulan Depan Dia Pensiun

Mengandalkan formasi 4-4-2, Shin Tae Yong terlihat mencoba beberapa pemain baru di susunan starter. Sebut saja ada Supriadi dan juga Braif Fatari yang mulai dari menit awal.

Kemudian, ada Rizky Ridho yang kembali jadi starter menggantikan sosok Ahmad Rusadi yang sebelumnya main dari menit awal. Demikian juga Bagas Kaffa, kini main sebagai starting line up.

BACA JUGA: Mayat Wanita Membusuk di Kebun Tebu Adalah Korban Pembunuhan, Ternyata Pelakunya

Dalam laga ini, Qatar memang tampil lebih menyerang dan menekan sejak menit awal. Mereka menguasai jalannya pertandingan.

Tekanan yang diberikan membuat lini belakang Garuda Nusantara keteteran. Baru sepuluh menit laga berjalan, gawang M Ady Satryo kebobolan.

BACA JUGA: Pelatih Arab Saudi Dipecat Usai Bermain Imbang 3-3 dengan Timnas Indonesia U-19

Aksi Jassim Mohammed yang melepaskan tendangan keras, gagal ditepis kiper Indonesia. Qatar unggul 0-1.

Tertinggal, pemain Indonesia mulai berani menyerang. Dengan sabar mereka membangun serangan sampai akhirnya sebuah penetrasi ke kotak penalti dari M Supriadi mengancam gawang Qatar.

Pemain lawan kemudian menghentikan Supri dengan ganjalan yang cukup keras. Wasit pun menunjuk titik putih pada menit ke-16

Brylian Aldama yang dipercaya sebagai algojo, sukses mengecoh kiper lawan, gol, skor pun imbang 1-1.

Qatar yang mencoba untuk kembali unggul, lagi-lagi memberikan tekanan yang luar biasa ke pertahanan Indonesia.

Tetapi, disiplinnya pemain Garuda Nusantara, menjadikan serangan Qatar banyak yang kandas.

Sampai peluit babak pertama berbunyi, skor itu tak berubah. Kedudukan imbang sama kuat 1-1.

Memasuki babak kedua, perubahan mulai dilakukan kedua tim. Pergantian itu ternyata membuat lini penyerangan Qatar tak seganas babak pertama.

Sebaliknya, Indonesia juga sudah mulai berani mengembangkan permainan.

Meski demikian, secara penguasaan bola, tim lawan memang terlihat lebih unggul. Yang menjadi catatan untuk Shin Tae Yong, ialah bagaimana pemain-pemain Indonesia ini bisa menahan bola lebih lama. Sebab, saat menguasai bola, pemain Indonesia terlalu mudah kehilangan ataupun direbut oleh lawan.

Sebenarnya, Timnas U-19 sempat membuat gol pada menit 50 melalui Komang Teguh memanfaatkan kemelut di depan gawang Qatar. Sayangnya, dia dinilai berada dalam posisi offside sehingga gol dianulir.

Setelah itu, laga kembali seperti semula, dengan gaya bertahan Indonesia dan memanfaatkan serangan balik.

Beruntung, Indonesia memiliki pemain lincah nan cepat, M Supriadi. Dia dipercaya tampil dari menit awal, benar-benar dimanfaatkan dengan baik.

Kepercayaan Shin Tae Yong dijawab dengan golnya pada menit ke-84. Berawal dari pressing dan bola akhirnya bisa dicuri oleh Beckham. Dia kemudian berlari ke depan mengecoh pemain lawan lantas mengirimkan umpan ke Supriadi.

Pemain binaan SKO Kemenpora itu tanpa kontrol langsung menceploskan bola. Skor berubah 2-1, Indonesia unggul.

Qatar berusaha membalas, namun pemain Indonesia cukup taktis mempertahankan keunggulan ini, skor pun berakhir 2-1 untuk Indonesia.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Qatar untuk kali kedua pada 20 September mendatang di tempat yang sama. Memang, Shin Tae Yong menjadwalkan bermain melawa Qatar dua kali.

BACA JUGA: Briptu ABW Ditemukan Tewas Bersimbah Darah di Tepi Jalan, Kombes Yusri Bilang Begini

Di tiga uji coba sebelumnya, Indonesia sempat kalah 0-3 lawan Bulgaria, kemudian 1-7 lawan Kroasia, dan imbang 3-3 lawan Arab Saudi. Dan, malam ini Indonesia akhirnya menang lawan Qatar dengan skor 2-1.(dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler