Surat Mahatma Gandhi Laku Rp 1,7 Miliar

Sabtu, 16 Februari 2013 – 12:12 WIB
LONDON - Sebuah surat yang ditulis tokoh pendiri India, Mahatma Gandhi terjual Euro 115.000 atau sekitar Rp 1,7 miliar dalam lelang di Ludlow, Inggris. Surat yang diketik Gandhi saat dia ditahan di India oleh pasukan Inggris pada 1943 itu berisi permohonan untuk dibebaskan.

Harga jual surat ini meningkat tajam dari perkiraan harga awal sebesar Euro 115.000. "Angka penjualan ini merupakan sebuah ""rekor dunia"" bagi sebuah surat seorang pemimpin India," ujar Richard Westwood, juru lelang di Mullocks seperti dimuat laman BBC, Jumat (14/2).

Menurutnya, surat itu awalnya dimiliki oleh seorang lelaki di India yang juga tokoh pejuang kemerdekaan bersama Gandhi. Lelaki tua itu memutuskan untuk melelang surat itu demi menafkahi keluarganya.

Westwood mengatakan, surat beralamat dan tertanggal "Kamp Tahanan, 26 Oktober 1943"" tersebut merupakan salah satu dari surat penting yang dibuat Gandhi sebagai bagian dari negosiasi rahasia dirinya pada masa kemerdekaan India. Surat permintaan pembebasan dirinya dan para pengikutnya ini ditujukan untuk sekretaris Pemerintahan India.

Tahun lalu, rumah lelang ini juga menjual sejumlah koleksi milik Gandhi. Di antara barang milik Gandhi yang terjual adalah kacamata dan  buku doanya.(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggap Bukan Meteorit Tapi Uji Coba Senjata Baru AS

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler