Surat Suara Nyasar ke Hong Kong, Fadli Sebut KPU RI Amatir

Selasa, 19 Maret 2019 – 22:05 WIB
Fadli Zon. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyesalkan kasus kasus surat suara yang harusnya dikirim ke Malaysia dan Filipina tetapi nyasar ke Hong Kong.

Wakil ketua umum Partai Gerindra itu menilai ini satu perilaku amatir yang membuat masyarakat semakin meragukan Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

BACA JUGA: Ini Dugaan Fadli Zon Tentang Penyebab Banjir Bandang di Sentani

“Jangan salah kalau masyarakat jadi meragukan,” kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/3).

Dia mengatakan, beragam masalah mulai dari kotak suara kardus, daftar pemilih tetap (DPT), salah kirim surat suara, menunjukkan ketidakprofesionalan.

BACA JUGA: Respons Fadli Zon tentang Rencana Kades Berkumpul di GBK Bareng Jokowi

BACA JUGA: Wah, Ditemukan Surat Suara Rusak di Kardus Terbuka

 

BACA JUGA: Keponakan JK Dukung Capres 02, Fadli Zon: Bagus Itu

Dia menilai hal ini menunjukkan tidak profesionalnya penyelenggara pemilihan umum. “Ini harus harus segera diperbaiki supaya menimbulkan kembali trust dan confident masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu ini. Kami ingin pemilu ini jujur dan adil,” ungkap Fadli.

Sebelumnya, Bawaslu menyatakan bahwa pengiriman surat suara untuk Malaysia dan Filipina nyasar ke Hong Kong. Surat suara berjumlah 2.400 itu untuk pemilihan anggota DPR. Selain ke Hong Kong, terdapat surat suara lain yang salah kirim yakni untuk Darwin (Australia) dan Penang (Malaysia) nyasar ke Singapura.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan pihaknya sudah meminta divisi terkait di internalnya untuk melakukan pengecekan kasus surat suara yang harusnya dikirim ke Malaysia dan Filipina tetapi nyasar ke Hongkong.

Dia mengaku tidak mengetahui secara detail penyebab distribusi surat suara itu bisa nyasar karena itu merupakan urusan orang-orang teknis di lapangan. Hanya saja, Arief menegaskan sudah meminta Kelompk Kerja Luar Negeri yang terdiri dari KPU dan Kemenlu melakukan pengecekan dan penarikan untuk didistribusikan atau dikirimkan ulang sesuai alamat yang semestinya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sentil Menteri Agama, Fadli Zon: Kalau di Luar Negeri Sudah Mundur


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler