Surat Suara Pilkada Banda Aceh Dikawal Sejak dari Percetakan di Jakarta

Senin, 28 Oktober 2024 – 17:20 WIB
Tim Panwaslih Kota Banda Aceh berfoto bersama pada saat melakukan pengawalan pengiriman logistik pilkada di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, Senin (28/10/2024). ANTARA/HO-Panwaslih Kota Banda Aceh.

jpnn.com - BANDA ACEH - Surat suara untuk kepentingan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banda Aceh dicetak di Jakarta.

Menurut Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh, surat suara dalam keadaan aman. Surat suara dikawal secara ketat sejak dari percetakan di Jakarta hingga dibawa ke Banda Aceh.

BACA JUGA: 2 Juta Lebih Surat Suara Pilkada 2024 Sudah Berada di Gudang KPU Malang

Ketua Panwaslih Kota Banda Aceh Indra Milwady mengatakan pengawalan dilakukan hingga ke gudang logistik Komisi Independen Pemilihan (KIP) di Kota Banda Aceh.

"Saat ini, kami masih di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, mengawal kedatangan surat suara Pilkada Banda Aceh. Sebelumnya, pengawalan dimulai dari percetakan di Jakarta," kata Indra dalam keterangannya di Banda Aceh, Senin (28/10).

BACA JUGA: Ratusan Polisi Disiagakan Mengawal Pendistribusian Surat Suara Pilwako Pekanbaru

Menurutnya pengawalan surat suara dilakukan melalui jalan darat hingga ke gudang logistik KIP Kota Banda Aceh.

Setelah pengawalan, pihaknya juga akan mengawasi proses sortir dan pelipatan surat suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh tersebut.

BACA JUGA: Surat Suara Pilkada 2024 Tiba di Banyuasin, Dijaga Ketat oleh Polisi

"Pengawalan ini merupakan bagian dari pengawasan pilkada yang kami lakukan. Pengawalan ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, sehingga dapat mengganggu tahapan pilkada yang kini sedang berlangsung," katanya.

Sebelumnya, Ketua KIP Kota Banda Aceh Yusri Razali memastikan seluruh logistik pilkada termasuk surat suara sudah diterima atau berada di gudang paling lambat akhir Oktober 2024.

"Kami terus berkoordinasi dengan semua pihak untuk memastikan proses distribusi atau pengiriman logistik pilkada berjalan lancar, tanpa kendala," kata Yusri.

Begitu juga dengan surat suara, kata dia, saat ini dalam proses pengiriman. Setelah surat suara diterima nanti langsung dilakukan penyortiran dan pelipatan sebelum didistribusikan ke 335 tempat pemungutan suara (TPS).

"Adapun kebutuhan surat suara Pilkada Kota Banda Aceh sebanyak 179.094 lembar yang nantinya didistribusikan pada 335 TPS," kata Yusri.

Pilkada di Kota Banda Aceh digelar bersamaan antara pemilihan wali kota dan wakil wali kota dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh. Pemilihan tersebut digelar serentak dengan pilkada di seluruh Indonesia pada 27 November 2024.

Pilkada tersebut diikuti empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh, yakni pasangan Illiza Sa'aduddin Djamal dan Afdhal Khalilullah, pasangan Zainal Arifin dan Mulia Rahman, pasangan Aminullah Usman dan Isnaini Husda serta pasangan T Irwan Djohan dan Khairul Amal. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU OKU Sudah Terima Surat Suara untuk Pilkada 2024


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler