Survei Charta Politika: Ganjar Berjaya Siapa pun Cawapresnya, Paling Moncer dengan Prabowo

Selasa, 29 November 2022 – 22:16 WIB
Yunarto Wijaya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Charta Politika melalui survei terbarunya mengukur elektabilitas capres yang disimulasikan dengan pasangan berbeda-beda.

Hasil survei terhadap 1.200 responden itu menunjukkan Ganjar Pranowo merupakan bakal capres dengan elektabilitas teratas meski pasangannya digonta-ganti.

BACA JUGA: Elektabilitas Ganjar Konsisten Teratas, Anies Sudah Menyalip Prabowo

"Ada simulasi tiga pasang yang kami ujikan," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya saat jumpa pers secara virtual untuk merilis hasil survei terbaru lembaganya, Selasa (29/11).

Dalam simulasi pertama, Charta Politika mengukur elektabilitas Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto yang bersaing dengan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar.

BACA JUGA: Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Meroket di Jateng dan Lampung

"Mas Ganjar dan Pak Airlangga unggul dengan 34,3 persen," ujar Yunarto.

Di bawahnya ada Anies-AHY dengan 29,1 persen, sedangkan Prabowo-Muhaimin memiliki elektabilitas 25,9 persen. Responden yang tidak tahu atau tidak menjawab ada 10,7 persen.

BACA JUGA: BG Sebut Kerutan Wajah Prabowo Identik dengan Pesan Jokowi, soal Rambut Putih? Hmmm

Pada simulasi kedua, Charta Politika memasangkan Ganjar Pranowo dengan Andika Perkasa. Adapun yang disimulasikan sebagai pasaing duet itu ialah Anies Baswedan-Ridwan Kamil (Kang Emil) dan Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa.

Elektabilitas capres pada simulasi kedua itu tetap didominasi Ganjar dengan 34,9 persen. Adapun Anies-Emil memiliki elektabilitas 28 persen, sedangkan Prabowo-Khofifah di juru kunci dengan 24,9 persen.

Namun, masih ada 12,2 persen responden yang tidak tahu atau tidak menjawab pada simulasi kedua itu.

Pada simulasi ketiga, Ganjar Pranowo yang dipasangkan dengan Sandiaga Uno diadu melawan Anies Baswedan-Andika Perkasa dan Prabowo Subianto-Ridwan Kamil.

Pada simulasi itu pun Ganjar kembali unggul dengan 36,8 persen. Di bawahnya ialah Anies-Andika dengan 25,7 persen yang unggul tipis 0,1 persen dari Prabowo-Emil (25,6 persen).

Simulasi selanjutnya ialah Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil melawan Aies Baswedan-Ahmad Heryawan (Aher) dan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar.

Lagi-lagi Ganjar yang berpasangan dengan Kang Emil leading dengan 37,8 persen. Adapun Anies-Aher memiliki elektabilitas 25,5 persen, atau unggul 0,5 persen di atas Prabowo-Muhaimin.

Simulasi terakhir ialah Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto bersaing dengan Anies Baswedan-AHY dan Puan Maharani-Andika Perkasa.

Pada simulasi kelima itu, elektabilitas Ganjar-Prabowo di angka 43,4 persen, sedangkan Anies-AHY memiliki elektabilitas 33,7 persen. Adapun Puan-Andika cuma mengantongi elektabilitas 3,9 persen.

Namun, masih ada responden yang tidak tahu atau tidak menjawab. Angkanya cukup signifikan, yakni 18,9 persen.

"Ada potensi pasangan Ganjar dengan Prabowo ini bisa memenangkan satu putaran," kata Yunarto.

Survei teranyar Charta Politika itu dilaksanakan pada 4-14 November 2022 melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden yang memenuhi syarat sebagai pemilih.

Metode dalam survei itu ialah multistage random sampling. Adapun margin of error survei tersebut di angka 2,83 persen.(mcr8/jpnn.com)

 

 

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler