Survei CNN: Elektabilitas Airlangga Hartarto Makin Melejit

Kamis, 09 Juni 2022 – 12:39 WIB
Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024 dari Golkar. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Citra Network Nasional (CNN) merilis hasil survei elektabilitas nama sejumlah calon presiden (capres) di Pilpres 2024, Rabu (8/6).  

Survei CNN dilakukan 16-30 Mei 2022 secara tatap muka dengan jumlah responden sebanyak 2.200 yang tersebar di 34 provinsi dan 478 kabupaten/kota. 

BACA JUGA: Arsul PPP Sebut Airlangga, Zulhas dan Suharso Paling Berpeluang Diusung KIB

Pengambilan sampel responden dilakukan secara proporsional dengan penentuan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Survei CNN ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error 2,08 persen.

BACA JUGA: Bertemu Bos Coca-Cola, Menko Airlangga dan Menperin Agus Gumiwang Bahas 3 Isu Penting

Direktur Eksekutif CNN Ahmad Zaki menyatakan dalam survei itu responden diberi pertanyaan tentang siapa presiden yang akan dipilih jika pilpres digelar hari ini. 

Hasilnya, ujar dia, nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berada pada urutan pertama dengan persentase 29,2 persen. 

BACA JUGA: Bertemu Ratu Maxima, Menko Airlangga dan Agus Gumiwang Fokus Bahas Digitalisasi UMKM

Posisi kedua, ada nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan raihan 12,2 persen. 

Di posisi ketiga, Gubernur Jawa Tengah 11,8 persen, dan keempat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 5,1 persen. 

Sebanyak 22,1 persen responden tidak menjawab. 

Ahmad Zaki menyebutkan meskipun banyak figur lainnya yang muncul,  namun dari hasil survei nama Airlangga tetap sangat kuat.

"Kami juga mengukur tingkat pengenalan dan kepuasan responden terhadap hasil kerja dari sosok Capres seperti Ganjar, Anies, dan Prabowo," ujar Ahmad Zaki dalam keterangannya, Rabu (8/6). 

Hasilnya, lanjut dia, 70 persen hingga 85 persen responden mengenal tiga sosok tersebut. 

Namun, kata Ahmad Zaki, para responden menyatakan lebih merasakan dan menikmati kinerja dari kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Airlangga yang berdampak positif terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

Ahmad Zaki mengatakan pihaknya juga mengukur apa yang diinginkan masyarakat pascameredanya pandemi Covid-19  dan mendekati Pemilu 2024.

"Mayoritas responden atau  96,4 persen ingin capres dapat membangkitkan kembali perekonomian bangsa dan masyarakat. Sosok tegas dan populer justru tidak terlalu dianggap penting oleh responden," kata Ahmad Zaki.

Dia melanjutkan sosok Airlangga Hartarto dinilai mampu membangkitkan kondisi perekonomian nasional dan persoalan ekonomi selama menjabat menko perekonomian.

CNN dalam surveinya juga mengukur elektabilitas partai politik. 

Partai Golkar menempati posisi teratas dengan raihan 18,2 persen. 

Disusul Partai Gerindra 17,7 persen, PDIP 16,3 persen, PKB 5,1 persen, PAN 4,8 persen, PPP 4,4 persen, Partai Nasdem 4,2 persen, PKS 4,1 persen, Partai Demokrat 4,1 persen. 

“Partai lainnya mendapatkan hasil di bawah 3 persen. Adapun jumlah responden yang tidak memilih dalam pertanyaan tentang pilihan partai politik ini ada 10,3 persen,” katanya. 

Menanggapi survei tersebut, pengamat politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Teguh Yuwono mengatakan elektabilitas Airlangga Hartato makin melejit karena mayoritas responden merasa puas dengan hasil kerjanya sebagai menko perekonomian.

"Saya melihat elektabilitas Airlangga yang teratas menunjukkan bukti kerjanya di bidang ekonomi dirasakan sehingga elektabilitas dirinya dan partai meningkat," kata Teguh Yuwono. (boy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler