Survei: Elektabilitas Rusdy-Ma'mun Ungguli Pasangan Lain

Minggu, 06 Desember 2020 – 19:39 WIB
Calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir. Foto source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Poltracking Indonesia melaporkan hasil survei peta kekuatan elektoral calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah, di mana pasangan Rusdy Mastura-Ma'mun Amir mengungguli pasangan lainnya.

Menurut Manager Riset Poltracking Indonesia Masduri, pada tingkat popularitas Rusdy Mastura berada di angka 77,6 persen.

BACA JUGA: Rusdy-Mamun Kedepankan Adat Istiadat yang Menghargai Perempuan dan Anak

Diikuti pasangannya yakni Ma’mun Amir sebesar 65,9 persen.

Sedangkan pasangan calon lain seperti Mohamad Hidayat Lamakarate dan Bartholomeus Tandigala masing-masing 58,3 persen dan 43,2 persen.

BACA JUGA: Pilkada Medan: Akhyar Pastikan tak Akan Membeli Suara Rakyat

Pada tingkat akseptabilitas kandidat, Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir juga masih unggul ketimbang pasangan Mohamad Hidayat Lamakarate dan Bartholomeus Tandigala.

Rusdy Mastura memperoleh angka 69,8 persen pada tingkat kedisukaan, diikuti Ma'mun Amir 60,2 persen.

BACA JUGA: Rusdy-Mamun: Kami Akan Perbaiki Infrastruktur Jalan Agar Harga Barang Kompetitif

Sedangkan Mohamad Hidayat Lamakarate hanya 46,5 persen dan pasangannya Bartholomeus Tandigala 34,2 persen.

Kemudian berdasarkan pertanyaan dengan simulasi surat suara, elektabilitas pasangan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir berada di angka 60,6 persen, unggul dari pasangan Mohamad Hidayat Lamakarate – Bartholomeus Tandigala 33,0 persen.

Dikemukakan Masduri, survei tersebut berdasarkan pertanyaan dengan simulasi surat suara yang di masukan dalam kotak suara.

Model seperti itu mempunyai validasi jawaban yang lebih baik dibandingkan jawaban responden yang disampaikan kepada pewawancara survei.

Hasil survei di atas merupakan potret terbaru peta kekuatan elektoral masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dalam rentang survei tanggal 25-30 November 2020.

Jika tidak ada perubahan peta politik yang signifikan, kemungkinan besar Rusdy Mastura-Ma’mun Amir unggul pada hasil Pilkada Sulawesi Tengah 2020. (rdo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler