Survei Indikator Catat Kepuasan Publik kepada Jokowi di Jateng Tembus 82,5 Persen

Minggu, 07 Juli 2024 – 20:03 WIB
Presiden Jokowi mengatakan Upacara HUT ke-79 RI digelar di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. Ilustrasi Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Survei Indikator Politik Indonesia periode Juni 2024 merekam mayoritas masyarakat Jawa Tengah (Jateng) puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Peneliti utama Indikator, Rizka Halida mengatakan dalam survei ditanyakan seberapa puas responden dengan hasil kerja Presiden Jokowi, maka mayoritas menjawab sangat atau cukup puas.

BACA JUGA: Wakil Ketua DPD Golkar Aceh Pengin Munas Dipercepat dan Jokowi jadi Dewan Pembina

"Kalau kita jumlahkan, mencapai 85,2 persen. Angka yang sangat besar untuk approval rating presiden," kata Rizka dalam paparannya secara daring, Minggu (7/7).

Masyarakat Jateng yang sangat puas dengan kinerja Jokowi sebesar 18,7 persen dan 66,5 persen lainnya cukup puas. 

BACA JUGA: Tak Terima Tanah Warisan Dieksekusi, Ade Jigo Colek Jokowi Hingga AHY

"Kemudian, yang kurang puas 12,5 persen dan tidak puas sama sekali 1,8 persen. Adapun yang tidak menjawab atau memilih tidak tahu 0,5 persen," ucap Rizka.

Di sisi lain, warga Jateng memiliki beragam pendapat tentang berbagai masalah mendesak yang harus diselesaikan pemerintah pusat dalam lima tahun ke depan. 

Tertinggi adalah pengendalian harga kebutuhan pokok dengan 31,1 persen, lalu menyediakan lapangan kerja 15,8 persen, menekan kemiskinan 15,1 persen, pemberantasan korupsi 10,7 persen, dan memajukan sektor pertanian 7,9 persen.

Survei ini dikerjakan Indikator pada 10-17 Juni 2024 dengan melibatkan 800 warga Jateng yang telah memiliki hak pilih sebagai responden. Pemilihan sampel penelitian menggunakan metode multistage random sampling.

Responden yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Jateng diwawancara secara langsung oleh pewawancara terlatih. Dengan asumsi simple random sampling, toleransi kesalahan (margin of error) survei sekitar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(mcr10/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler