Survei Indikator, Elektabilitas Kaesang Kalah Dari Uya Kuya dan Raffi Ahmad

Kamis, 25 Juli 2024 – 12:53 WIB
Ketum PSI Kaesang Pangarep. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Indikator Politik Indonesia membeberkan hasil survei teranyar berjudul 'Siapa Unggul di Jakarta? Rematch Anies vs Ahok, dan Potensi Munculnya Kuda Hitam' pada Kamis (25/7).

Berdasar hasil survei, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep belum mampu mengantongi elektabilitas sampai sepuluh persen menjelang Pilkada Jakarta 2024.

BACA JUGA: Pilkada Kota Semarang 2024: Dico Ditelepon Kaesang, Ternyata Ada Yoyok Sukawi

Kaesang dalam survei Indikator di simulasi terbuka hanya mengantongi elektabilitas 0,3 persen atau menempati posisi kesepuluh.

Elektabilitas Kaesang bahkan kalah dibandingkan angka keterpilihan milik Bendum NasDem Ahmad Sahroni (0,6 persen) dan artis sekaligus politikus PAN Uya Kuya (0,4 persen).

BACA JUGA: PSI Usung Gusti Bhre jadi Calon Wali Kota Surakarta

Eks Mendikbud Anies Baswedan menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi dalam survei Indikator di simulasi terbuka dengan 39,7 persen.

Kemudian, elektabilitas Kaesang juga tidak mencapai sepuluh persen dalam simulasi 40 nama dalam Indikator.

BACA JUGA: Soal Kasus Perundungan, Uya Kuya Menanggapi Begini

Kaesang hanya mengantongi elektabilitas 0,7 persen atau kalah dari angka keterpilihan artis sekaligus pengusaha Raffi Ahmad dengan 0,8 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebut tiga besar tokoh pemilik elektabilitas dalam simulasi 40 nama ialah Anies (41,7 persen), Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (27 persen) serta Ridwan Kamil atau RK (15,4 persen).

"Mengerucut ketiga nama pertama Anies Baswedan, disusul oleh Ahok, ketiga itu Ridwan Kamil (15,4 persen)," kata Burhanuddin saat membeberkan hasil survei Indikator secara daring, Kamis (24/7).

Selanjutnya, elektabilitas Kaesang dalam survei Indikator Politik Indonesia hanya memperoleh masing-masing 1,3 dan 1,7 persen di simulasi 16 dan sebelas nama.

Elektabilitas Kaesang hanya menguat ketika Indikator Politik Indonesia melaksanakan simulasi tiga nama dengan mengantongi 5,7 persen.

Anies dan RK menjadi tokoh pemilik elektabilitas tertinggi dalam simulasi tiga nama ini dengan 48,8 persen serta 38,8 persen. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler