Survei Lanskap: Prabowo-Gibran Juara di Pulau Jawa

Rabu, 08 November 2023 – 21:41 WIB
Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres ke KPU, Rabu (25/10). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga dan Analisa Kebijakan Publik (LANSKAP) baru saja merilis hasil survei yang dilakukannya untuk membaca peta dukungan politik di empat provinsi Pulau Jawa.

LANSKAP menemukan fakta bahwa suara publik di provinsi-provinsi tersebut mayoritas mengarah ke pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

BACA JUGA: Di Depan Pengusaha, Prabowo Sebut Bankir Takut Dirinya Jadi Presiden

"Elektabilitas tertinggi di empat provinsi diraih oleh pasangan Prabowo-Gibran dengan perolehan 40,0 persen," kata direktur eksekutif LANSKAP, Mochammad Thoha dalam rilis surveinya hari ini, Rabu (8/11).

Posisi kedua diisi oleh Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, lalu disusul oleh Anies Rayid Baswedan dengan Abdul Muhaimin Iskandar.

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo-Gibran Kokoh karena Banyak Didukung Akar Rumput

"Ganjar-Mahfud berada di posisi kedua dengan 34,3 persen, dan pasangan Anies-Muhaimin 20,0 persen," ujarnya.

Ada beberapa teori yang dipandang oleh LANSKAP mengapa Prabowo-Gibran menduduki ranking tertinggi dalam tangga elektabilitas tersebut.

BACA JUGA: Jokowi Sanjung Prabowo saat Buka Rakernas LDII, Dukungan Makin Jelas

Salah satu yang kentara adalah pasangan yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut dinilai masih menjadi representatif dari Joko Widodo sebagai Presiden.

"Paslon ini dipandang representatif konsolidasi Prabowo dan Jokowi. Arus pemilih Jokowi yang loyal dan lintas partai akan semakin deras mengalir mendukung paslon ini," ujarnya.

Apalagi, jika melihat data reponden yang diwawancara juga mayoritas adalah pemilih Joko Widodo dan KH Maruf Amin dalam Pilpres 2019 lalu.

Pendukung Jokowi-Amin sebesar 50,2 persen, sementara pendukung Prabowo-Sandi ada di 28,2%, serta yang tidak menjawab preferensi politik mereka di 2019 ada di 21,6%.

Alasan kedua menurut Thoha adalah pasangan Prabowo-Gibran dinilai juga sangat mengena di kalangan kaum muda khususnya milenial dan generasi Z (Gen-Z).

Karena meraka merasa terwakili dengan sosok Gibran yang notabane masih berusia 36 tahun.

"Paslon ini representatif konsolidasi atau kolaborasi generasi tua dan muda. Ada pengakuan dan kebijaksanaan Prabowo kepada generasi muda untuk ikut serta atau terlibat atau berkolaborasi dalam membangun negara bangsa melalui politik (alih generasi)," paparnya.

Yang menjadi teori ketiga mengapa pemilih Prabowo-Gibran cenderung lebih banyak dalam survei ini, karena para responden menilai bahwa mereka melihat sosok Prabowo saat ini yang lebih ramah dan egaliter.

"Tampilan personal Prabowo dalam sosok yang sopan santun, ramah, terbuka, merangkul dan lebih egaliter, dinilai juga mendatangkan daya tarik elektoral yang kuat," tukasnya.

Pemilih Berdasarkan Region

LANSKAP menjabarkan pula bagaimana potensi peta kekuatan pasangan capres-cawapres 2024 jika dilihat dari sisi regionalitasnya.

Thoha menerangkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran sejauh ini masih unggul di dua provinsi, yakni Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sementara untuk pasangan Anies-Imin hanya kuat di DKI Jakarta, dan untuk pasangan Ganjar Mahfud hanya kuat di Jawa Tengah saja.

"Namun paslon Prabowo-Gibran berhasil memeroleh dukungan sebesar 30,1 persen. Probabilitas angka elektabilitas ini akan terus meningkat di Jawa Tengah dan dapat mengimbangi elektabilitas Ganjar-Mahfud di sana," sambung Thoha.

Survei ini diambil menggunakan sample 880 responden yang ada di 4 (empat) provinsi di Pulau Jawa, yakni di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Rentang waktu yang digunakan dalam pengambilan sample adalah 26 Oktober-2 November 2023 dengan direct interview.

Metodologi yang digunakan adalah probability sampling dan multistage random sampling dengan margin of error (MoE) kurang lebih 3,3% dengan tingkat kepercayaan hingga 95%. (dil/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler