Survei LSI Catat Elektabilitas PAN Naik Lebih dari 100 Persen

Rabu, 30 Agustus 2023 – 20:13 WIB
Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat dukungan rakyat menembus 4,2 persen pada Agustus 2023 atau naik lebih dari 100 persen dibandingkan setahun lalu. ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

jpnn.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) terus mendapatkan dukungan rakyat.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat dukungan rakyat menembus 4,2 persen pada Agustus 2023 atau naik lebih dari 100 persen dibandingkan setahun lalu.

BACA JUGA: LSI Catat Kepercayaan Publik kepada Polri Lampaui KPK

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan saat rilis hasil riset LSI periode Agustus 2023 yang dipaparkan secara daring, Rabu (30/8).

"Dukungan publik terhadap PAN pada Agustus 2023 naik menjadi 4,2 persen atau ada lonjakan signifikan jika dibandingkan dengan hasil survei pada Agustus 2022," ucap Djayadi dalam paparannya.

BACA JUGA: Survei LSI: Ganjar Rebound Berlanjut, Kalahkan Prabowo dan Anies

Djayadi menyebut PAN diproyeksikan akan kembali lolos ke DPR pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Diketahui, ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT) ditetapkan sebesar empat persen.

Menurutnya, melonjaknya dukungan publik terhadap PAN tidak lepas dari faktor piawai merawat basisnya. Selain itu, manuver PAN dalam beberapa waktu terakhir.

BACA JUGA: Prabowo Kalahkan Ganjar, LSI: Selisihnya di Atas Margin of Error

"Gerakan atau manuver-manuver PAN belakangan yang cenderung makin dekat ke Prabowo juga kemungkinan memberikan efek positif (terhadap dukungan publik kepada PAN). Kedekatan Prabowo itu dipersepsi dari pandangan bahwa Jokowi (juga) meng-endorse Prabowo (dalam Pilpres 2024)," tuturnya.

Peneliti utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyampaikan peningkatan elektabilitas PAN termasuk fenomena yang menarik.

Sebab, tingkat keterpilihan partai cenderung stabil atau naik-turunnya tidak signifikan.

"(Elektabilitas, red) partai cenderung stabil kecuali beberapa partai mengalami pergerakan. Nah, misalnya PAN. Jadi, beberapa partai umumnya naik-turunnya relatif kecil, tetapi untuk PAN ada yang menarik," ujarnya.

Burhanuddin menilai meski kenaikannya masih dalam margin of error, tetapi menurut saya, dinamika di PAN ini lebih positif ketimbang partai lain yang cenderung stagnan atau stabil.

Dia melihat naiknya elektabilitas PAN tidak lepas dari efek sosialisasi yang dilakukan. Burhanuddin juga menyebut dengan jingle PAN yang viral di media sosial. Ini merujuk data yang didapatkan Indikator.

"Memang dari data kita, dibanding tahun lalu, sosialisasi PAN, baik di TV, radio, media luar ruang seperti spanduk-baliho, maupun social media, mengalami kenaikan (pada tahun ini)," ungkapnya.

LSI juga mencatat setidaknya ada 7 partai lain yang juga bakal lolos ke DPR karena elektabilitasnya di atas empat persen.

Survei ini digelar pada 3-9 Agustus 2023 dan melibatkan 1.220 responden terpilih dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Responden adalah WNI yang memiliki hak pilih.

Responden diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara terlatih. Adapun toleransi kesalahan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut elektabilitas partai politik dalam survei LSI periode Agustus 2023:

1. PDIP 25,4 persen
2. Partai Gerindra 13 persen
3. Partai Golkar 9,3 persen
4. PKB 7,6 persen
5. Partai Demokrat 6,6 persen
6. PKS 5,2 persen
7. Partai NasDem 5 persen
8. PAN 4,2 persen
9. PPP 2,5 persen
10. Partai Perindo 1,9 persen
11. Partai Hanura 0,5 persen
12. PSI 0,4 persen
13. PBB 0,3 persen
14. Partai Buruh 0,3 persen
15. Partai Garuda 0,2 persen
16. Partai Ummat 0,2 persen
17. Partai Gelora 0,1 persen


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Lsi   PAN   Survei   Partai   Elektabilitas  

Terpopuler