Survei: Mayoritas Masyarakat Yakin Jokowi Dukung Prabowo-Gibran

Selasa, 31 Oktober 2023 – 20:00 WIB
Bakal pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat menyampaikan pidato politik dalam deklarasi di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww)

jpnn.com - JAKARTA - Hasil survei terbaru Lembaga Survei Jakarta (LSJ) menemukan bahwa mayoritas responden yakin Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan endorsement kepada pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di Pilpres 2024.

Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto mengatakan mayoritas responden yakin Jokowi akan melabuhkan dukungan kepada Prabowo-Gibran daripada ke Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

BACA JUGA: Prabowo Temui Erick Thohir, Lihat Tuh

"Jadi, hasil survei kami menegaskan sebagian besar publik yakin Presiden Jokowi memberi dukungan kepada Prabowo dan tentu juga Gibran," kata Fetra dalam keterangannya, Selasa (31/10).

Survei dilakukan 18-26 Oktober 2023 di 38 provinsi yang ada di Indonesia.

BACA JUGA: Basis Pemilih Jokowi-Amin 2019 Lebih Sreg kepada Prabowo-Gibran

Populasi dari survei ini ialah seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun (telah memiliki KTP).

Jumlah sampel 1.200 responden, yang dipilih melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multistage random sampling).

BACA JUGA: Demi Kemenangan Prabowo-Gibran, Agus Gumiwang dan Hasan Nasbi Bikin Posko Kopi Pagi

Margin of error kurang lebih 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei yang dilakukan secara nasional itu memperlihatkan terkait endorsement Jokowi di 2024.

Hasil survei LSJ kali ini menunjukkan bahwa mayoritas publik atau 66,5 persen responden meyakini bahwa dukungan Presiden Jokowi kemungkinan akan diberikan kepada pasangan Prabowo-Gibran.

Sementara itu, 4,7 persen responden mengaku masih bingung atau belum bisa memastikan ke arah mana dukungan dan endorsement Presiden Jokowi akan berlabuh.

Fetra mengungkap alasan mengapa Jokowi mendukung Prabowo-Gibran di pesta demokrasi mendatang. Salah satu alasan kuat, lanjut Fetra, karena Prabowo merupakan menteri yang memiliki prestasi dalam kabinet Pemerintahan Presiden Jokowi.

Selama menjabat sebagai menteri pertahanan, Prabowo telah melakukan upaya besar memodernisasi alat pertahanan Indonesia.

Prabowo bekerja keras untuk mengembangkan dan memperkuat industri pertahanan nasional, mengurangi ketergantungan pada impor senjata, dan menciptakan lapangan kerja dalam sektor pertahanan.

Berkat hal itu, Prabowo berhasil membawa Indonesia menuju kemandirian pertahanan yang lebih besar dan kemampuan untuk menghadapi berbagai ancaman keamanan. Maka tak heran, Prabowo kerap disebut menteri paling diandalkan dan dipercayai oleh Presiden Jokowi.

"Jokowi ini melihat bahwa Prabowo sebagai salah satu tokoh menteri kabinet yang memiliki prestasi. Jadi, wajar Jokowi memberi endorsement ke Prabowo," pungkas Fetra. (boy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler