Survei Parpol Pilihan Warga NU: Gerindra Teratas, PKB?

Selasa, 01 Maret 2022 – 18:42 WIB
Direktur Eksekutif CSIIS Moh Sholeh Basyari saat menyatakan Gerindra menjadi partai politik yang menjadi pilihan utama warga NU di Jakarta, Selasa (1/3/2022) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Riset Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) menemukan sejumlah partai politik yang menjadi pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU).

Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat yang menjadi basis NU pada Jumat (25/2).

Direktur Eksekutif CSIIS Moh Sholeh Basyari menyatakan Gerindra menjadi partai politik yang menjadi pilihan utama warga NU.

"Gerindra di posisi pertama dengan 17 persen, PDI Perjuangan 16 persen," kata Sholeh Basyari di Jakarta, Selasa (1/3).

Dia juga menyebutkan Gerindra berada di posisi pertama pilihan Nahdliyin di Jawa Timur, posisi kedua di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

"PDI Perjuangan itu kalah dari Gerindra di Jawa Timur, tetapi menang di Jawa Tengah dan Jawa Barat," lanjutnya.

Sholeh juga menjelaskan PKB yang selama ini menjadi partai resmi warga NU berada di posisi ketiga dalam survei parpol pilihan Nahdliyin.

"PKB juga berada di posisi ketiga di Jawa Timur, dibandingkan Pemilu 2019 di posisi kedua dan bahkan 2014 menjadi partai pemenang," ujar Sholeh.

Survei CSIIS sendiri dilakukan dengan metode indepth interview setelah para narasumber selesai menunaikan salat jumat (excit prayer) terhadap 1.200 responden di 100 masjid yang tersebar di 3 provinsi.(mcr8/jpnn)

BACA JUGA: Hasil Survei Terbaru SMRC: Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo, Anies Ketiga


Redaktur : Friederich
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Hasil Survei   parpol   Warga NU   PKB   Gerindra   CSIIS  

Terpopuler