Survei Pilgub Papua Tengah, Willem Wandik-Aloysius Giyai Unggul Telak

Rabu, 11 September 2024 – 07:41 WIB
Panel Survei Indonesia merilis hasil survei terbarunya yang menujukkan Willem Wandik-Aloysius Giyai unggul telak di Pilgub Papua Tengah, bagaimana kandidat lainnya? Ilustrasi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, PAPUA TENGAH - Direktur Eksekutif Panel Survei Indonesia (PSI) Dominico Bagas mengatakan pada dengan sistem noken dalam berbagai simulasi, pasangan Willem Wandik - Aloysius Giyai Peroleh unggul dalam survei di Pilgub Papua Tengah.

"Hasil survei menunjukkan pilihan masyarakat terhadap pasangan calon kepala daerah Papua Tengah Willem Wandik -Aloysius Giyai berada di urutan pertama dengan 62,7 persen," kata Bagas dalam keterangannya, Rabu (11/9).

BACA JUGA: Pilgub Sulsel: Elektabilitas Andi Sudirman Sulaiman Tertinggi, Pengamat Ungkap Hal Ini

Kemudian posisi kedua pasangan Natalis Tabuni-Titus Natkime dengan 12,1 persen, ketiga pasangan Meki Nawipa-Denas Geley dengan 7,9 persen.

Selanjutnya di posisi keempat atau terakhir pasangan John Wempi Wetipo-Ausilius Youw dengan 5,4 persen, dan tidak memilih sebanyak 11,9 persen.

BACA JUGA: Ini Hasil Survei TBRC: Isran Noor-Hadi Mulyadi vs Rudy Masud-Seno Aji di Pilgub Kaltim

Bagas mengatakan, dalam survei juga responden diminta menilai kapabilitas pasangan calon kepala daerah.

Kapabilitas yang dinilai dalam survei tersebut meliputi beberapa nilai, yaitu visioner, intelektualitas, kemampuan memerintah (governability), kemampuan politik, komunikasi politik, dan kepemimpinan (leadership).

BACA JUGA: Pilgub Jateng: Tim Pemenangan Ahmad Luthfi Penuh Jenderal Purnawirawan, Itu Ketuanya

"Hasil survei menunjukkan kapabilitas pasangan Willem Wandik -Aloysius Giyai unggul dibandingkan para pesaingnya, yaitu dengan skor 89,2 persen. Posisi berikutnya ditempati pasangan Natalis Tabuni-Titus Natkime dengan skor 51,7 persen, pasangan Meki Nawipa -Denas Geley dengan skor 49,2 persen, dan pasangan John Wempi Wetipo -Ausilius Youw dengan skor 47,6 persen," papar Bagas.

Hasil survei juga menemukan bahwa masyarakat Papua Tengah memiliki pertimbangan dalam menentukan pilihan terhadap pasangan calon kepala daerahnya.

Bagas menyebutkan sebanyak 81,3 persen mempertimbangkan rekam jejak dan pengalaman calon dalam memimpin, dan pencapaian konkret dalam memimpin atau bekerja di sektor publik.

"Hasil survei dengan simulasi survei dengan pelaksanaan sistem noken, yakni noken big man dan noken gantung ditemukan bahwa sebanyak 52,8 persen publik Papua Tengah sudah mengetahui akan adanya pilkada 2024 sedangkan sebanyak 47,2 persen tidak dan belum tahu," kata Bagas.

Kemudian, sambung Bagas, sebanyak 79,3 persen tertarik pada visi dan program kerja yang ditawarkan nanti, dan sebanyak 80,3 persen menginginkan calon kepaala daerah yang mampu mengatasi permasalahan daerah serta membawa perubahan positif dalam berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan ekonomi.

"Dan sebanyak 79,4 persen mempertimbangkan personaliti dan perilaku calon kepala daerah," kata Bagas.

Bagas menjelaskan survei PSI Ini melibatkan sebanyak 1480 warga Papua Tengah yang dipilih dari populasi DPT pemilu 2024 Sebanyak 1.128.844 pemilih dan tersebar secara proposional di 740 titik TPS di 8 kabupaten, yaitu Kabupaten Nabire, Mimika, Dogiyai, Deiyai, Intan Jaya, Puncak, Puncak Jaya, dan Paniai.

Survei ini memiliki margin of error -/+2,55 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Pengambilan data survei mengunakan metode wawancara secara tatap muka dan saluran WhatsApp Video Call terhadap responden jajak pendapat untuk menguji tingkat elektoral setiap pasangan calon kepala daerah yang digelar oleh Panel Survei Indonesia mulai 28 Agustus sampai dengan 7 September 2024," terangnya. (mcr10/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler