Survei PWS: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies di Berbagai Simulasi

Senin, 26 Juni 2023 – 20:27 WIB
Menhan Prabowo Subianto saat menghadiri acara The 1st DEFEND ID’s Day di Hanggar PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/6/2023) lalu. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan survei Political Weather Stations (PWS), mengalahkan angka keterpilihan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Peneliti Utama PWS Sharazani MA menyebut elektabilitas Prabowo dalam simulasi terbuka memperoleh 25,6 persen.

BACA JUGA: Prabowo Dipanggil Jokowi ke Istana, Bahas Politik?

Sementara itu, Ganjar dan Anies dalam simulasi terbuka survei teranyar PWS hanya mengantongi elektabilitas 18,5 serta 12,4 persen.

"Hasil survei PWS menunjukkan bahwa nama Prabowo Subianto paling banyak disebut publik, yakni 25,6 persen responden," kata Sharazani dalam keterangan persnya, Senin (26/6).

BACA JUGA: Ganjar Telepon Heru Budi, Politikus PKS: Dia Tidak Punya Wewenang Mengurus Jakarta

Menurutnya, elektabilitas Prabowo juga menjadi yang tertinggi dalam simulasi 10 nama dengan capaian 32,8 persen.

Elektabilitas ketua umum Partai Gerindra itu konon mengalahkan angka keterpilihan Ganjar dan Anies dengan 27,1 dan 16,5 persen.

BACA JUGA: Kebutuhan PPPK Guru 601.174, Usulan Formasi 2023 Cuma 278.102, Nunuk Sentil Pemda

"Jika pemilu dilaksanakan saat ini sebanyak 32,8 persen menyatakan memilih Prabowo Subanto," ujar dia.

Sharazani mengatakan elektabilitas Prabowo juga menjadi yang paling tinggi dalam simulasi yang diikuti tiga nama antara Bakal Capres 2024 dari Gerindra itu dengan Ganjar dan Anies.

Prabowo dalam simulasi tiga nama mendapat elektabilitas 40,5 persen, sedangkan Ganjar dan Anies hanya memperoleh angka keterpilihan 33,4 serta 20,8 persen.

"Responden yang masih belum punya pilihan sebanyak 5,3 persen," ungkap Sharazani saat membeberkan survei pihaknya dalam simulasi tiga nama.

Diketahui, Survei PWS dilaksanakan pada tanggal 10 sampai 18 Juni 2023 di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Populasi dari survei berjudul Soliditas dan Loyalitas Konstituen 10 Partai Besar ialah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih.

PWS melibatkan 1200 responden dalam survei kali ini yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis (systematic random sampling).

PWS mencatat toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,83 persen dalam survei kali ini dengan tingkat kepercayaan atau level of confidence sebesar 95 persen. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Elektabilitas Ganjar Pranowo 35,8 Persen, Kembali Lebih Unggul dari Prabowo


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler