Surya Paloh dan Jokowi Disebut Tokoh Perubahan

Minggu, 19 Januari 2014 – 15:10 WIB
Joko Widodo. Foto: Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA -- Lembaga Pemilih Indonesia merilis hasil survei bertajuk "Siapa Tokoh Perubahan 2014?", Minggu (19/1), di Jakarta. LPI membagi dua kategori tokoh dalam survei ini. Yakni, figur lama atau mereka yang sudah 10 tahun bergerak dalam politik dan figur baru atau mereka yang kurang dari 10 tahun bergerak dalam politik.

"Baik itu sebagai pejabat publik maupun sekedar sebagai politisi partai yang namanya sering muncul dalam pemberitaan media massa," ujar Direktur LPI Boni Hargens di Cikini.

BACA JUGA: KPK Dituding Langgar UU Soal Penyidikan Anas

Nah, berdasarkan hasil survei LPI, lima figur lama yang meraih skor tertinggi adalah Surya Paloh (6,74), Megawati Soekarnoputri (6,02), Jusuf Kalla (5,86), Rizal Ramli (5,74) dan Prabowo Subianto (5,72).

Sedangkan figur baru adalah Joko Widodo (7,06), Abraham Samad (6,8), Hary Tanoesoedibjo (6,61), Ali Masykur Musa (6,2).

BACA JUGA: 27 Januari, Pengumuman Kelulusan CPNS Honorer K2

Survei ini dilakukan pada 10 hingga 17 Januari 2014 di Jakarta. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan diskusi mendalam dan pengisian instrumen penelitian lalu diukur dengan pendekatan kuantitatif melalui metode scoring. "Jadi, penelitian ini memakai mixed-approach kualitatif-kuantitatif," kata Boni.

Ia menambahkan tiap narasumber memberikan jawaban dengan menyertakan argumentasi yang mendalam. Narasumber terdiri dari akademisi 20 orang, aktivis nasional 20 orang, tokoh masyarakat 20 orang, dan wartawan politik 20 orang. (boy/dil/jpnn)

BACA JUGA: Denny Indrayana Tersinggung

BACA ARTIKEL LAINNYA... DAU Empat Provinsi Terancam Hanya 75 Persen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler