Surya Paloh Sebut Sambo untuk Tanggapi Ucapan Fahri Hamzah soal Bandar Koalisi Perubahan

Jumat, 11 November 2022 – 21:45 WIB
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat berpidato pada perayaan HUT ke-11 parpolnya di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/11). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menanggapi analisis Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah soal belum adanya kesepakatan antarbandar yang menyebabkan  Koalisi Perubahan batal dideklarasikan.

Sedianya koalisi yang beranggotakan NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu dideklarasikan pada momen Hari Pahlawan, Kamis (10/10).

BACA JUGA: Irwan Fecho Ungkap Potret Koalisi Perubahan yang Batal Deklarasi

Namun, Surya Paloh justru bertanya soal istilah 'bandar' yang disampaikan Fahri Hamzah.

"Bandar apa itu?" ujar Surya Paloh seusai menghadiri perayaan HUT ke-11 Partai NasDem di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (11/11).

BACA JUGA: Soal Seloroh Bandar Belum Sepakat, Fahri Hamzah: Lain Kali Mohon Jangan Tersinggung

Baca juga: Hasto Sebut Si Biru Sudah Lepas dari Koalisi Pemerintah, Sindir Siapa Nih?

Bos Media Group itu melanjutkan komentarnya dengan menyinggung soal Ferdy Sambo, mantan perwira Polri yang menjadi terdakwa pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

BACA JUGA: Bahas Koalisi Perubahan, Andi Arief Singgung Soal Burung Hantu

"Yang sudah jelas memang Sambo sudah ditangkap," ucapnya.

Meski demikian, mantan politikus Partai Golkar itu meminta isu bandar tersebut dibuka sejelas-jelasnya. Surya Paloh menegaskan pihaknya tidak ingin terkejut.

"Saya amat sangat terbuka siapa saja yang mau mendanai ini (Koalisi Perubahan), coba kasih tahu, sebut yang jelas," ujar Surya Paloh.

Fahri Hamzah dalam sebuah diskusi Totak Politik menyatakan rencana deklarasi Koalisi Perubahan pada 10 November sudah gagal gara-gara bandar belum sepakat.

"Sudahlah, kita, kan, sudah tahu semua, kan, bandar belum sepakat, duit belum terkumpul, 20 persen (syarat presidential threshold) belum terkumpul, ya gagal," ujar Fahri dalam diskusi yang ditayangkan di YouTube itu.

Adapun Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan parpolnya belum mau mengikuti deklarasi koalisi yang diinisiasi Partai NasDem itu.

Mardani beralasan PKS mengendus keberadaan bandar di belakang gerakan untuk membentuk Koalisi Perubahan yang bakal mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Kami lagi lawan oligarki. Ini enggak boleh ada pemodal besar yang menguasai kami. Makanya kami sedang menggalang format gerakan," kata Mardani Ali Sera dalam diskusi bertajuk Menakar Proses Kandidat Capres 2024 dan Siapa Paling Berpeluang? di Kantor KMI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (10/11).

Legislator PKS di DPR itu menjelaskan semua rencana politik pasti akan terganggu jika ada pihak luar yang masuk dan membawa bantuan.

“Sekali menerima bantuan dari semua freelance, pasti nanti akan terganggu. Enggak ada yang enggak, oligarki politik ini kadang-kadang dia mainnya dua kaki, ini harus dilawan," tutur Mardani.(mcr8/JPNN.com)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler