Susah Payah Hafalkan Indonesia Raya

Senin, 26 November 2012 – 08:17 WIB
Raphael Maitimo. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos
SAAT lagu Indonesia Raya dikumandangkan, perhatian suporter timnas tertuju pada dua pemain naturalisasi Raphael Maitimo dan Tonnie Cusell. Ternyata, Tonnie terlihat lebih fasih menyanyikan lagu Indonesia Raya. Itu terlihat dari gerak bibir pemain yang berdarah Belanda tersebut.

Usut punya usut, Tonnie ternyata berusaha menghafalkan Indonesia Raya dalam beberapa hari terakhir.

"Dia menghafalkan lagu itu dengan sungguh-sungguh. Semalam (Sabtu malam, Red) saya lihat dia pakai headphone menghafalkannya," tutur fisioterapis timnas Matias Ibo yang sering bersama Tonnie kemarin (25/11).

Saat ditemui, Tonnie membenarkan bahwa dirinya memang berusaha menghafalkan lagu Indonesia Raya. Pemain yang bernomor punggung 33 itu merasa wajib menghafalkan lagu tersebut meski baru disahkan sebagai pemain naturalisasi.

"Ini negara saya. Saya membela negara saya. Saya merasa, kewajiban saya untuk menghafalkannya," tutur pemain 29 tahun itu.

Bagian mana yang sulit dihafal? Tonnie menyebutkan bahwa semua lirik sulit dihafal karena dirinya belum mengerti dan memahami bahasa Indonesia. Dia hanya tahu sedikit kosakata yang digunakan untuk memudahkannya berkomunikasi dengan pemain lain di lapangan.

Tetapi, dengan terus mendengarkan, akhirnya dia bisa menghafalkan meski belum begitu lancar. "Saya senang lagu ini. Enak didengar. Saya dengarkan saja. Sama seperti lagu lain, kalau diulang-ulang, pasti hafal," tandasnya. (aam/c13/bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Mulai Nyaman di Bek Kanan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler