Susah Payah Spanyol Bungkam China

Senin, 04 Juni 2012 – 10:52 WIB
Andres Iniesta. Foto: GI
SEVILLA  - Spanyol menuntaskan seluruh laga ujicoba menjelang perhelatan Euro 2012 dengan kemenangan tipis 1-0 atas China. Namun hasil manis itu diraih susah payah oleh Iker Casillas dan kawan-kawan. Juara piala dunia 2010 tersebut harus menunggu hingga  menit 84 untuk mendapatkan satu-satunya gol yang terjadi dalam laga tersebut.

Gol sematawayang tersebut lahir dari gelandang lincah Manchester City, David Silva. Kemenangan ini tentu saja jauh dari prediksi para pengamat bola. Ini melihat perbedaan kualitas pemain dan peringkat tim dalam rangking FIFA yang menempatkan Spanyol jauh lebih tinggi dibanding China yang tak pernah menjuarai Piala Dunia.

Terlebih dalam pertemuan terakhir tahun 2005 lalu Spanyol dengan mudah mengalahkan China dengan skor telak 3:0. Tiga gol tersebut dicetak Torres, Xavi dan Joaquin.

Bertanding di Estadio Olímpico de Sevilla, Kota Sevilla China berhasil mengimbangi permainan para pemain bintang yang diturunkan tuan rumah. Malah China sempat mencuri beberapa peluang di babak pertama. Menit ke tujuh misalnya, gelandang China, Zheng Zhi nyaris membobol jala Spanyol. Beruntung Casillas melakukan penyelamatan.

Menit ke 23, China nyaris membuka kemenangan lewat Hao Junmin namun lagi-lagi Casillas tampil apik dalam menyelamatkan bola. Alhasil di babak pertama China berhasil menahan imbang Spanyol tanpa gol.

Memasuki babak kedua pelatih Spanyol, Del Bosque  melakukan banyak pergantian untuk membalikkan keadaan. Fernando Torres masuk menggantikan Negredo sementara Xavi ditarik keluar untuk ditukar dengan Jesús Navas González. Tak hanya itu di awal babak kedua tersebut Sergio Busquets Burgos ditarik keluar diganti dengan Andres Iniesta Luján sementara kiper utama Madrid, Iker Casillas diganti penjaga gawang Barcelona,Víctor Valdés.

Masih tak cukup tangguh dalam menjebol benteng pertahanan China, menit ke 56, Del Bosque memasukkan Gerrad Pique menggantikan Sergio Ramos. Hasilnya permainan Spanyol menjadi lebih hidup. Suplai bola ke baris depan lebih banyak. Serangan terus menerus tersebut akhirnya berbuah pada menit ke 84. Silva berhasil mencetak gol berkat umpan Iniesta. Skor 1:0 menutup laga.

Di Euro nanti Spanyol tergabung dalam grup C bersama raksasa Eropa, Italia. Di grup yang sama terdapat unggulan Eropa Timur Kroasia serta Irlandia.(zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Portugal Kalah, Jadi Olok-Olokan Media Jerman

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler