Susu Bantu Pertumbuhan Anak - anak Generasi Emas dan Cegah Stunting

Rabu, 01 Mei 2019 – 23:30 WIB
Launching Gerakan Ibu #SekarangSemuaBisa. Foto : Ist

jpnn.com, JAKARTA - PT Frisian Flag Indonesia (FFI) luncurkan produk susu bubuk pertumbuhan terbaru Susu Bendera dan luncurkan Gerakan Ibu #SekarangSemuaBisa.

Susu bubuk pertumbuhan terbaru dan gerakan untuk ajak para Ibu agar aktif dan jadi serba bisa dukung anak-anak Indonesia agar tumbuh sehat dan aktif, dan bebas stunting.

BACA JUGA: 3 Kiat Cegah Stunting pada Anak Sejak Hamil

Asdep Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Hendra Jamal’s menyatakan bahwa peran ibu luar biasa besar untuk pemenuhan gizi anak agar menjadi generasi emas.

“Pemenuhan hak anak merupakan bagian dari upaya perlindungan anak termasuk di dalamnya pemenuhan hak gizi untuk tumbuh-kembang. Kebijakan dan program pemenuhan hak anak yang disusun oleh KPPPA diimplementasikan melalui berbagai macam strategi yang menyasar pada anak secara langsung, keluarga (orangtua), lingkungan, dan wilayah. KPPPA percaya bahwa gerakan edukasi dan peningkatan keterampilan ibu merupakan salah satu cara yang bermanfaat agar anak diberikan asupan gizi yang baik untuk mencegah stunting dan menyiapkan generasi emas di masa depan," ujar Hendra.

BACA JUGA: Astra Credit Companies Gelar Pelatihan Kader Posyandu di Bandung

Senada dengan yang disampaikan KPPPA, ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Asih Setiarini juga menekankan pentingnya peran orang tua khususnya ibu dalam upaya pemenuhan gizi lengkap terutama pada dua tahun pertama kehidupan, agar anak bebas stunting.

“Setelah masa menyusui, orang tua dianjurkan untuk terus penuhi gizi anak melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, salah satu zat gizi terpenting yang harus dipenuhi oleh anak adalah protein hewani dimana konsumsinya saat ini masih rendah, salah satu alternatif cara untuk
memenuhinya adalah dengan menyediakan susu bubuk pertumbuhan yang memiliki berbagai
manfaat gizi yang dibutuhkan oleh anak," kata Asih.

BACA JUGA: Stunting Masih Tinggi, Kesejahteraan Masyarakat Harus Ditingkatkan

Dia juga menekankan pentingnya orang tua memahami pendidikan kesehatan dan literasi pengetahuan dasar dalam mengaplikasikan gaya hidup yang sehat untuk mencegah stunting dan meningkatkan status kesehatan anak dalam membangun masa depan anak dan keluarga yang kuat.

Produk susu bubuk pertumbuhan Susu Bendera merupakan komitmen Frisian Flag Indonesia untuk menyediakan produk susu dengan gizi lengkap yang terjangkau, sebagai kontribusi perusahaan untuk mengatasi isu malnutrisi terutama stunting, dan menjadi mitra orang tua dalam membentuk generasi Indonesia yang tumbuh sehat dan aktif.

Termasuk yang siap mewujudkan impiannya sesuai dengan tujuan perusahaan ‘Nourishing by Nature’ yang salah satu pilarnya adalah komitmen untuk memberikan gizi yang baik bagi anak-anak dan keluarga Indonesia.

Sementara itu Specialized Nutrition Director PT Frisian Flag Indonesia, Rivanda Idiyanto mengatakan hampir 100 tahun hadir di tengah keluarga Indonesia, Frisian Flag terus berkomitmen untuk berperan aktif membantu pemerintah membangun keluarga kuat Indonesia.

Saat ini, kata dia, salah satu fokus Frisian Flag Indonesia adalah membantu pemerintah memerangi stunting yang masih diderita oleh sebagian anak-anak Indonesia.

"Produk baru yang Frisian Flag Indonesia luncurkan hari ini adalah salah satu jawaban untuk membantu mengatasi isu stunting, karena kandungan gizi lengkap produk ini dapat membantu anak-anak tumbuh sehat, sigap dan tanggap. Kami juga ingin berperan aktif meningkatkan peran Ibu dalam mendorong tumbuh kembang anak-anaknya melalui gerakan yangmemberdayakan Ibu agar punya semangat dan sikap ‘semua bisa’,” tutur Rivanda.

Berangkat dari keinginan yang sama untuk menggerakkan dan memberdayakan Ibu di Indonesia untuk mendukung pertumbuhan anak optimal dan keluarga yang kuat, Frisian Flag Indonesiameluncurkan Gerakan Ibu #SekarangSemuaBisa.

“Ini juga merupakan wujud komitmen Frisian Flag Indonesia untuk memberdayakan perempuan, khususnya Ibu, dengan mengangkat pentingnya peranan Ibu dalam memaksimalkan potensi mereka untuk memastikan kecukupan gizi anak danmengembangkan ilmu yang berguna untuk dukung anak Indonesia tumbuh aktif dan sehat,” tambah Rivanda.

Dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dalam Gerakan Ibu #SekarangSemuaBisa, Frisian Flag akan bekerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai kalangan masyarakat termasuk pemerintah.

Di antaranya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, kelompok atau komunitas ibu serta akademisi.

Tujuannya meningkatkan perannya dan kesadaran akan pentingnya gizi bagi pertumbuhan anak-anak, serta mengasah kreatifitas Ibu dalam menyikapi tantangan hidup sehari-hari.

“Melalui berbagai konten lifehacks yang merupakan tip-tip praktis nan kreatif yang diajarkan oleh para profesional, Frisian Flag Indonesia ingin membantu memberdayakan para Ibu menjadi serba bisa dan punya semangat ‘I can do’ dalam menyikapi tantangan kehidupan sehari-hari dan terus menghadirkan hal-hal baik untuk membantu anak-anaknya mewujudkan mimpi,” tegas Rivanda.

Gerakan Ibu #SekarangSemuaBisa akan menjangkau 350 titik posyandu dan melibatkan para ibu anggota PKK, kader dan ibu di posyandu.

Nantinya, kegiatan tersebut akan meliputi aktivitas edukasi, berbagi pengalaman serta aktivitas menyenangkan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Pemberian pemahaman terkait penggunaansosial media juga dilakukan agar literasi digital para ibu Indonesia semakin baik dan bijak.

Diharapkan dengan menggunakan sosial media, ibu bisa menjadi agent of change yang menyebarkan informasi baik kepada ibu lainnya yang didapatkan dari aktivitas Gerakan Ibu #SekarangSemuaBisa dan bersama melindungi anak Indonesia dari stunting. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Maruf Amin: Istilah Sedekah Putih Mengacaukan Pemahaman Masyarakat


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler