Sutan: Saya Berpikir Mengklaim Malaysia Milik Kita

Senin, 18 Juni 2012 – 11:56 WIB
JAKARTA - Politisi Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana Siregar mengecam keras klaim Malaysia atas tarian Tor-tor. Menurut Sutan, klaim pemerintah Malaysia atas budaya Batak itu menunjukkan bahwa negeri jiran itu tidak memiliki budaya sehingga melakukan klaim kiri-kanan.
 
Sutan pun menyindir balik dengan gayanya yang khas. "Kalau Malaysia banyak mengklaim budaya kita seperti reog, batik, keris sekarang tor-tor, saya malah berpikir mengklaim kalau Malaysia itu  milik kita. Krn sama itu barang itu. Jadi provinsi Malaysia," sindir politisi asal Sumatera Utara itu, Senin (18/6).

Dijelaskan Sutan, banyaknya klaim dari Malaysia terkait kekayaan kebudayaan ibu pertiwi, bukan berarti bangsa Indonesia tidak menghargai budaya. "Tapi, ada orang-orang di luar itu yang nakal-nakal," tegasnya.

Ketua Komisi VII DPR itu menegaskan, mestinya budaya Indonesia didaftarkan di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) sejak dulu. "Dan ini sudah diproses di zamanya Jero Wacik (saat itu menjabat Menteri Pariwisata)," kata Sutan.

Saat ditanya apakah Malaysia itu tidak punya budaya sendiri sehingga suka mengklaim budaya Indonesia, Sutan menjawab, "Bisa jadi, karena tidak ada budaya sendiri makanya mengklaim kiri kanan," tambahnya.

Seperti diketahui, kantor berita Malaysia, Bernama, melansir berita bahwa Menteri Rais berencana mendaftarkan Tarian Tor-tor dan alat musik Gondang 9 milik masyarakat Sumatera Utara itu dalam Seksyen 67 Akta Warisan Kebangsaan 2005. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dahlan Rapat Lesehan di Pinggir Gudang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler