Sutarman Klaim Berprestasi Pimpin Bareskrim

Kamis, 17 Oktober 2013 – 12:28 WIB
Komjen Sutarman. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di depan anggota Komisi III DPR, Kamis (17/10), Komjen Pol Sutarman mengklaim punya banyak capaian selama hampir dua tahun memimpin Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Salah satunya adalah menciptakan ketertiban dan keamanan.

Sutarman mencontohkan beberapa operasi keamanan yang telah dilakukannya, seperti pengamanan Sail Banda 2012, Sail Komodo 2013, Bali Democratic Forum, ASEAN Summit, High Level Panel RI-ASEAN-Afrika, APEC 2013, Pam Idul Fitri, Natal, dan Pemilukada.

BACA JUGA: Hilmi Aminuddin Jadi Saksi di Sidang LHI

Bukan itu saja, Jenderal bintang tiga itu juga memaparkan sejumlah penanganan perkara yang diakui telah diselesaikan olehnya, khususnya perkara kasus korupsi. Menurutnya pada tahun 2012 Polri telah menangani 1.176 kasus atau naik 65 persen dibandingkan 2011 yang berjumlah 766 kasus.

Dari jumlah itu, pada tahun 2012 Polri telah menyelesaikab 657 kasus korupsi atau naik 24,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya. "Dalam rentang waktu itu, total uang negara yang sudah kita selamatkan sekitar Rp261 Miliar. Kemudian tahun 2013 menyelamatkan Rp907 Miliar uang negara dari 554 perkara korupsi yang diselesaikan," ungkap calon tunggal Kapolri itu.

BACA JUGA: Ini Visi Misi Sutarman Andai Jadi Kapolri

Bidang terorisme, Sutarman menuturkan bahwa pihaknya mampu menanganinya secara baik. "Polri mampu menangkap pelaku sebelum beraksi. Hal ini sebagai bentuk mencegah terjadinya teror dan jatuhnya korban termasuk anggota Polri sebagai target," tandas mantan Kapolda Metro Jaya itu.(Fat/jpnn)

BACA JUGA: PPP Pertanyakan Komitmen Sutarman Memberantas Korupsi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lagi, Airin Jenguk Suami di Rutan KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler