Suzuki Indonesia Recall Jimny karena Masalah Ini

Jumat, 17 September 2021 – 16:09 WIB
Suzuki Jimny terbaru. Foto: Ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk perbaikan pada produk Jimny yang dipasarkan di Indonesia.

Penarikan itu dilakukan karena ditemukan masalah rembesan oli transmisi otomatis pada mobil ikonik itu.

BACA JUGA: Kombes Yusri Yunus: Namanya Sudah Dikantongi, Kami Bongkar Semua

Suzuki akan merecall sebanyak 21 unit bertransmisi otomatis hasil produksi Mei hingga Juni 2021.

Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi mengatakan rembesan oli pada Jimny diduga karena adanya kesalahan saat perakitan yang menyebabkan oil seal terlipat.

BACA JUGA: Iptu Hadi Peringatkan Pria yang Ada di CCTV, Viral di Surabaya, Lebih Baik Menyerah!

Menurut Hariadi, pihaknya sudah melakukan pengecekan secara menyeluruh dan menemukan potensi rembesan oli.

"Kami harus melakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny untuk dilakukan perbaikan segera demi keselamatan konsumen," kata dia kepada awak media melalui video virtual, Jumat (17/9).

BACA JUGA: Suzuki Jimny Lima Pintu Mulai Menampakkan Diri, Lihat Nih

Selama proses pengecekan, teknisi Suzuki akan membongkar transmisi untuk memastikan apakah terdapat perubahan bentuk atau perembesan.

Jika hasilnya ada rembesan, kata Hariadi, akan dilakukan penggantian Automatic Transmission Set dengan part number 20009-78R10-RX0.

Namun, jika tidak ditemukan perubahan bentuk atau perembesan, teknisi hanya akan mengganti komponen washer set saat pemasangan kembali transmisi karena komponen tersebut merupakan non-reusable part.

Selain recall, Saat ini Suzuki juga sedang melakukan service campaing yang melibatkan Jimny. Service campaign itu terkait pada door harness.

Tekanan dari tekukan saat pembukaan atau penutupan pintu pada bagian tengah kabel di dalam grommet berpotensi menggangu fungsi beberapa fitur, seperti power window dan central door lock.

Secara total sebanyak 1.540 unit Jimny yang termasuk ke dalam kegiatan ini, terdiri dari 150 unit bertransmisi manual dan 1.390 bertansmisi otomatis.

Seluruh unit Jimny diproduksi pada periode bulan Mei 2018 hingga Desember 2020.

Hariadi mengingatkan dalam program product Quality update itu, Suzuki akan menghubungi semua pemilik Jimny yang terkena recall untuk datang ke bengel agar bisa segera dilakukan pemeriksaan.

"Kami memastikan selama program tersebut konsumen tidak akan dikenakan biaya apa pun," tandas Hariadi. (ddy/jpnn)


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler