Syarat Pendaftaran CPNS 2024, Sebegini Nilai IPK Minimal, Jangan Kaget ya

Rabu, 21 Agustus 2024 – 07:47 WIB
Pendaftaran CPNS 2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, merupakan salah satu pemda yang membuka pendaftaran CPNS 2024.

Pemkot Semarang membuka sebanyak 331 formasi CPNS 2024, terbagi dalam dua kategori besar, yakni tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK 2024: Formasi Jauh Lebih Banyak Dibanding CPNS

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang Joko Hartono mengatakan Pemkot Semarang berupaya memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di berbagai bidang untuk memperkuat pelayanan publik dan pemerintahan.

Pengumuman dan pendaftaran CPNS 2024 telah resmi dibuka oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) melalui website https://sscasn.bkn.go.id/.

BACA JUGA: Pelamar CPNS 2024 Juga Bisa Ikut Seleksi PPPK? Simak Penjelasan Deputi BKN

Joko mengatakan bahwa lowongan CPNS 2024 telah diunggah di website milik Pemkot Semarang dan BKPP Kota Semarang. Rekrutmen CPNS dilakukan tersistem oleh Kementerian PANRB dan BKN.

"Rekrutmen sesuai jadwal dari KemenPANRB dan BKN. Pemkot Semarang membuka 331 formasi terdiri dari 119 tenaga kesehatan dan 212 tenaga teknis," katanya di Semarang, Rabu (21/8).

BACA JUGA: Cara Beli e-Materai untuk Pendaftaran CPNS 2024 Sore Ini, 7 Dokumen Wajib

Dia mengatakan formasi tenaga kesehatan sebanyak 119 orang terbuka untuk memenuhi kebutuhan di sektor kesehatan.

Tersedia juga 212 formasi untuk tenaga teknis yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu formasi umum dengan jumlah 199 orang dan formasi khusus dengan alokasi 13 orang.

Formasi khusus tersebut dikhususkan bagi lulusan terbaik dengan predikat cum laude sebanyak enam orang serta tujuh orang penyandang disabilitas yang memenuhi syarat.

Berkaitan dengan persyaratan, ujar dia, sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan BKN.

Para pelamar wajib berstatus warga negara Indonesia, berusia antara 18 hingga 35 tahun saat melamar, dan tidak memiliki catatan kriminal yang berat.

Bagi pelamar dengan profesi dokter dan dokter gigi spesialis, batas usia yakni hingga 40 tahun.

Syarat Nilai IPK

Untuk nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) bagi calon pelamar CPNS 2024, BKN memberikan wewenang kepada masing-masing kabupaten/kota untuk menentukan.

Di Kota Semarang, ujar Joko, IPK minimal yang bisa mendaftar CPNS adalah 3,00, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan tidak ditentukan akreditasi.

"Semarang ini kan kota metropolitan sehingga kami ingin SDM yang lebih baik jadi kami pasang minimal IPK 3,00 baik kampus negeri dan swasta dan akreditasi kampus tidak ditentukan," katanya.

Lowongan CPNS di lingkungan Pemkot Semarang terbuka untuk semua putra dan putri bangsa di seluruh Indonesia.

"Jadi tidak hanya warga Semarang saja," katanya.

Soal tahapan dan jadwal CPNS, Joko menyebutkan, pengumuman CPNS mulai pada 20 Agustus-2 September 2024 dan pendaftaran CPNS pada 20 Agustus-6 September 2024.

Setelah itu, dilakukan seleksi administrasi pada 13 September 2024 dan hasil seleksi administrasi diumumkan pada 14-17 September 2024.

"Semuanya online, tidak ada tatap muka. Jadi, setelah lolos seleksi administrasi maka dilanjutkan tes," katanya.

Tes terdiri atas seleksi kompetensi dasar (SKD) mengenai wawasan kebangsaan, tes inteligensi umum (TIU) serta tes karakteristik kepribadian, kemudian seleksi kompetensi bidang (SKB).

Ketiganya menggunakan computer assisted test (CAT) yang sudah menggunakan face recognition.

"Jadi, CAT ini sudah pakai deteksi wajah sehingga tidak bisa menggunakan joki, jadi tidak ada kecurangan," katanya.

Bagi pendaftar yang lolos SKD akan melanjutkan SKB dengan menggunakan CAT sesuai dengan formasi yang dilamar. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler