Menjelang akhir tahun banyak warga ustralia mencoba untuk berlibur ke luar negeri setelah hampir dua tahun 'terkurung' pandemi.

Perbatasan internasional dsudah dibuka bagi mereka yang berstatus warga negara dan penduduk tetap (PR) Australia yang telah divaksinasi dua dosis sejak awal November, tanpa perlu meminta izin pengecualian untuk bisa ke luar negeri.

BACA JUGA: WHO Peringatkan Risiko Varian Omicron Akan Membuat Penularan COVID-19 Bertambah

Namun munculnya varian Omicron seakan mengingatkan tentang belum pulihnya kemudahan bepergian seperti sebelum ada pandemi.

Berikut daftar beberapa negara yang menjadi tujuan utama kunjungan warga Australia dan persyaratan yang diperlukan, sebagaimana informasi yang diperoleh ABC hingga 29 November 2021.

BACA JUGA: Reaksi Mahasiswa Asal Indonesia Setelah Izin Masuk Mereka Kembali Ditunda Australia

Indonesia

Bisakah warga Australia ke Indonesia tanpa karantina?

Tidak saat ini. Pelancong internasional yang divaksinasi harus menyelesaikan karantina tujuh hari di hotel dan menjalani tes PCR sebanyak dua kali.

BACA JUGA: Apa yang Menghambat Koridor Perjalanan Indonesia-Malaysia?

Durasi karantina untuk semua kedatangan internasional ditambah dari tiga hari menjadi tujuh hari akibat varian Omicron. Wisatawan dari delapan negara Afrika juga dilarang masuk ke Indonesia.

Tapi orang Australia mungkin tak lama lagi sudah bisa menikmati kembali bir Bintang di pantai-pantai Bali.

Pasalnya, Presiden Joko Widodo telah menyatakan keinginan agar turis Australia kembali ke Bali.

Hal itu dia kemukakan saat bertemu Perdana Menteri Scott Morrison di KTT G20, dan mengusulkan "jalur perjalanan vaksinasi" antara kedua negara, yang akan memungkinkan orang yang divaksinasi penuh untuk bepergian tanpa persyaratan karantina.

Indonesia juga telah menangguhkan pengaturan bebas visa dan 'visa-on-arrival'. Untuk memasuki negara tersebut, para pelancong sekarang harus mengajukan permohonan visa turis terlebih dahulu.

Maskapai apa yang terbang dari Australia ke Indonesia?

Garuda Airlines Indonesia telah membatalkan sebagian besar rute Australia selama pandemi, mempertahankan hanya satu penerbangan mingguan antara Sydney dan Jakarta.

Saat ini tidak ada maskapai yang terbang langsung ke Bali dari Australia.

Qantas, Jetstar, dan Virgin semuanya mengatakan akan melanjutkan penerbangan ke Bali mulai awal tahun depan.

Seperti apa situasi COVID di Indonesia saat ini?

Selama seminggu terakhir, Indonesia mencatat jumlah kasus harian di kisaran ratusan. Jauh lebih terkendali dibandingkan pada bulan Juli ketika 50 ribuan kasus terdeteksi setiap hari.

Saran perjalanan menyebutkan perlunya "sangat berhati-hati", sebagian karena COVID-19 yang tetap "ada di seluruh Indonesia" serta terbatasnya fasilitas tes dan pengendalian.

"Perawatan kritis untuk warga Australia yang sakit parah, termasuk di Bali, jauh di bawah standar yang tersedia di Australia," kata Smart Traveler.

Beberapa pembatasan COVID-19 juga tetap berlaku dan berbeda di berbagai daerah. Ini termasuk batas kapasitas, batas waktu untuk makan di luar, dan jam buka usaha.

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno menegaskan Bali siap menyambut kembali wisatawan. "Kami telah melembagakan program yang berhasil menurunkan jumlah kasus COVID," katanya bulan lalu.

Apakah ada perjanjian perawatan kesehatan timbal balik?

Tidak ada. Indonesia juga telah mewajibkan asuransi perjalanan yang menanggung biaya pengobatan COVID-19 hingga $US100.000 untuk pelancong yang datang.

Bisakah warga Indonesia mengunjungi Australia?

Hanya orang yang telah divaksinasi lengkap dengan visa yang sah, seperti pelajar internasional, visa kerja, atau visa kemanusiaan yang dapat memasuki Australia mulai 15 Desember. Tapi sejauh ini belum ada pengaturan 'travel bubble' bagi wisatawan Indonesia.\ Selandia Baru

Bisakah orang Australia bepergian ke Selandia Baru tanpa karantina?

Belum bisa saat ini. Meski Selandia Baru menjadi negara pertama yang terbuka untuk warga Australia melalui koridor trans-Tasman awal tahun ini, namun hal ini ditangguhkan ketika varian Delta merebak.

Mulai 16 Januari, penduduk Selandia Baru yang divaksinasi penuh dan pelancong lain yang memenuhi syarat akan dapat melakukan perjalanan antar negara tanpa dikarantina.

Tapi pelancong asing harus menunggu hingga 30 April untuk memasuki negara itu.

Pemerintah belum mengumumkan apakah rencana ini akan berubah karena varian Omicron, yang sejauh ini belum terdeteksi di sana.

Maskapai apa yang terbang dari Australia ke Selandia Baru?

Air New Zealand membatalkan ribuan penerbangan trans-Tasman minggu ini karena ketidakpastian yang terus berlanjut.

Tapi maskapai ini terus mengoperasikan penerbangan dari Sydney dan Melbourne untuk warga Selandia Baru yang mencoba pulang.

Pada bulan lalu, Qantas menjadwalkan penerbangan ke Selandia Baru dimulai kembali pertengahan Desember, sementara Virgin Australia merencanakan mulai awal 2022.

Seperti apa situasi COVID saat ini?

Sangat mirip dengan Australia beberapa minggu yang lalu.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengumumkan lockdown selama tiga setengah bulan di Auckland akan berakhir bulan depan.

Seperti Australia, Selandia Baru menerapkan lockdown dan pelacakan kasus yang ketat, serta penutupan perbatasan. Akibatnya, negara berpenduduk lima juta itu hanya mengalami 40 kematian akibat virus corona.

Namun varian Delta memaksa pemerintah mengubah taktik. "Delta ada di sini dan tidak akan pergi," kata PM Ardern pekan lalu. Saat ini, jumlah kasus harian berkisar pada angka 200.

Apakah ada perjanjian perawatan kesehatan timbal balik?

Ya. Perjanjian mencakup perawatan rumah sakit dan obat-obatan jika warga Australia di Selandia Baru memerlukan perawatan medis mendesak.

Untuk mengakses perawatan, Anda harus dapat menunjukkan paspor Australia dan kartu asuransi Medicare yang masih berlaku.

Bisakah orang Selandia Baru mengunjungi Australia?

Ya. Mereka juga tidak perlu dikarantina. Mulai 1 November, koridor perjalanan satu arah dibuat kembali untuk pelancong Selandia Baru yang divaksinasi penuh. Amerika Serikat

Bisakah orang Australia bepergian ke AS tanpa karantina?

Ya. Pelancong yang divaksinasi lengkap bebas memasuki Amerika Serikat tanpa karantina selama tes PCR mereka negatif, tak lebih tiga hari sebelum terbang, atau dapat membuktikan bahwa mereka telah pulih dari virus dalam 90 hari terakhir.

Semua vaksin yang saat ini tersedia di Australia diterima di AS.

Warga negara asing yang baru-baru ini berada di delapan negara Afrika selatan dilarang memasuki negara itu.

Maskapai penerbangan apa yang terbang dari Australia ke AS?

Bagi warga yang pergi ke AS tahun ini, Qantas sudah mengoperasikan penerbangan langsung ke Los Angeles dari Sydney empat kali seminggu.

United dan Delta Airlines juga melanjutkan penerbangan langsung Sydney-Los Angeles selama pandemi.

Awal bulan ini, Air New Zealand membuka kembali rute Sydney-Los Angeles, melalui Auckland, dengan rencana meningkatkan jumlah penerbangan mulai 1 Desember.

Qantas berencana untuk melanjutkan penerbangan antara Sydney dan Honolulu mulai 20 Desember, serta Sydney dan Dallas Fort Worth mulai 15 Februari tahun depan.

Seperti apa situasi COVID saat ini?

COVID-19 masih merajalela di AS – yang telah terkena virus lebih keras daripada negara lain mana pun.

Smart Traveler menggambarkannya sebagai "risiko serius" karena jumlah kasus mencapai 100.000 sehari.

Ada juga kekhawatiran masa liburan Thanksgiving akan menyebabkan lonjakan kasus. Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) mengatakan penularan komunitas tetap tinggi di sebagian besar negara bagian.

Di seluruh AS, beberapa aturan dan pembatasan jarak sosial tetap berlaku — bervariasi antara negara bagian dan bahkan kota.

Pejabat kesehatan memperingatkan bahwa Omicron tidak dapat dihindari akan masuk ke negara itu.

Apakah ada perjanjian perawatan kesehatan timbal balik?

Tidak ada perjanjian perawatan kesehatan timbal balik antara AS dan Australia, dan wisatawan mungkin diminta untuk membayar biaya di muka jika mereka tidak dapat menunjukkan bukti asuransi.

Menurut Smart Traveler, perawatan medis di AS mahal. "Kunjungan ke dokter untuk masalah kecil dapat menghabiskan biaya ratusan dolar, tidak termasuk biaya tes atau pengobatan," kata situs web tersebut.

Bisakah orang Amerika mengunjungi Australia?

Tidak ada koridor perjalanan bagi warga AS yang ingin datang ke Australia. Hanya pelancong dengan visa yang disetujui yang dapat memasuki Australia mulai 15 Desember. Inggris

Bisakah orang Australia bepergian ke Inggris tanpa karantina?

Warga Australia yang telah divaksinasi lengkap tidak perlu lagi tes PCR sebelum berangkat ke Inggris, kecuali jika mereka datang dari negara yang masuk "daftar merah".

Pelancong yang datang dari negara-negara "daftar merah" - mencakup negara-negara Afrika selatan di mana Omicron telah terdeteksi - diharuskan melakukan karantina hotel.

Maskapai apa yang terbang ke Inggris?

Wisatawan beruntung karena ada banyak maskapai yang terbang ke Inggris daripada ke negara lain. Qantas, Singapore Airlines, Cathay Pacific, Etihad Airways, dan Malaysia Airlines semuanya memiliki layanan dari Australia.

Seperti apa situasi COVID saat ini?

Varian Delta terdeteksi di Inggris lebih awal, memicu tanggapan cepat, termasuk peluncuran vaksinasi, yang dipuji sebagai "terdepan di dunia".

Tapi empat bulan sejak Perdana Menteri Boris Johnson mencabut hampir semua pembatasan COVID Inggris, negara itu kembali mencatat lebih dari 40.000 kasus sehari dan sekitar seribu kematian setiap minggu.

Para pakar khawatir tentang kapasitas rumah sakit beberapa bulan mendatang, ketika cuaca dingin diperkirakan akan memicu penularan.

Menanggapi varian Omicron, PM Johnson mewajibkan kembali di pusat belanja dan transportasi umum di Inggris. Tiga kasus varian ini telah terdeteksi di Inggris.

Sementara itu, jumlah kematian akibat COVID-19 di seluruh Eropa kemungkinan mencapai dua juta orang pada Maret tahun depan.

COVID sekarang menjadi penyebab kematian nomor satu di Eropa, kata WHO, dengan hampir 4.200 kematian baru setiap hari – dua kali lipat dari angka pada akhir September.

Meskipun ada seruan agar pemerintah memberlakukan kembali beberapa pembatasan, Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara sebagian besar tetap buka.

Di London, sektor perhotelan bangkit kembali dan bukan hal aneh bila pub, restoran, dan tempat konser musik penuh sesak di seluruh kota.

Kerumunan kembali terlihat di tempat wisata seperti Istana Buckingham, Tower Bridge dan Oxford Street, karena perbatasan Inggris kembali terbuka untuk sebagian besar negara.

Banyak penduduk lokal juga kembali ke kantor, jadi bus dan kereta api diperkirakan akan cukup sibuk.

Apakah ada perjanjian perawatan kesehatan timbal balik?

Australia memiliki perjanjian perawatan kesehatan timbal balik dengan Inggris, yang dapat menutupi beberapa biaya medis.

Anda harus meminta perawatan sebagai pasien NHS dan menunjukkan paspor dan kartu Medicare.

Bisakah warga Inggris mengunjungi Australia?

Saat ini, hanya pelancong yang dikecualikan atau telah diberikan pengecualian individu yang dapat datang ke Australia. Kategori yang dikecualikan termasuk warga negara Australia, penduduk tetap dan anggota keluarga dekat dari warga negara Australia atau penduduk tetap.

Mulai 15 Desember, pengecualian perjanalan akan dihapus bagi pemegang visa yang memenuhi syarat vaksinasi penuh termasuk pelajar, pekerja terampil, dan pemegang visa kemanusiaan, liburan kerja dan keluarga. Tiongkok

Bisakah orang Australia mengunjungi Tiongkok tanpa karantina?

Tidak. Tidak seperti beberapa negara lain di Asia yang dengan hati-hati membuka kembali perbatasan internal, perbatasan Tiongkok tetap dikontrol ketat.

Pelancong dengan izin tinggal untuk pekerjaan, urusan pribadi, dan reuni keluarga mungkin dapat memasuki Tiongkok tanpa mengajukan visa baru.

Tapi ada persyaratan tes PCR dan karantina hotel pada saat kedatangan.

Di beberapa kota di Tiongkok, para pelancong menghadapi karantina selama sebulan, tes PCR tujuh kali dan hanya diizinkan membuka pintu kamar hotel untuk menerima makanan.

Saat ini tidak ada rencana untuk memperketat pembatasan perbatasan sebagai tanggapan terhadap varian Omicron.

Maskapai apa yang terbang ke Cina?

Penerbangan langsung antara Tiongkok dan Australia sangat terbatas, dan Tiongkok telah menangguhkan semua visa pada saat kedatangan, termasuk visa transit.

Seperti apa situasi COVID saat ini?

Hampir dua tahun setelah virus corona muncul pertama kali di Wuhan, Tiongkok memberlakukan strategi "nol kasus" dengan lockdown dan tes masif.

Meskipun banyak tetangganya di Asia-Pasifik telah meninggalkan strategi eliminasi COVID, sebagian besar perbatasan Tiongkok tetap ditutup sekarang,

Kehidupan di Tiongkok sebagian besar sudah pulih tahun ini, restoran penuh, pertokoan dan bioskop dibuka kembali. Begitu pula dengan perjalanan domestik.

Pihak berwenang mengambil tindakan cepat dan drastis untuk mengendalikan wabah, terkadang mengirim ratusan kasus dan kontak eratnya ke karantina dan melakukan tes massal.

Tidak jelas berapa lama kebijakan nol kasus akan dipertahankan. Meskipun 80 persen dari populasi telah divaksinasi sepenuhnya, ada keraguan tentang vaksin mereka, yang dapat menimbulkan masalah saat negara ini membuka diri.

"Ada pandangan bahwa kebijakan nol kasus kemungkinan akan berlanjut hingga akhir Olimpiade Musim Dingin," kata Profesor Chaojie Liu dari La Trobe University.

Apakah ada perjanjian perawatan kesehatan timbal balik?

Australia tidak memiliki perjanjian perawatan kesehatan timbal balik dengan Tiongkok. Artinya, jika memerlukan bantuan medis, pelancong atau perusahaan asuransi mereka harus membayar biaya perawatan secara penuh.

Dapatkah pemegang paspor Tiongkok mengunjungi Australia?

Hanya pelancong yang dikecualikan atau telah diberikan pengecualian individu yang bisa datang ke Australia dengan visa yang valid. Kategori yang dikecualikan termasuk warga negara Australia, penduduk tetap dan anggota keluarga dekat dari warga negara Australia atau penduduk tetap.

Pada tahap ini, mulai 15 Desember, pengecualian perjalanan tidak akan lagi dikenakan pada pemegang visa yang memenuhi syarat dan telah divaksinasi penuh. Thailand

Bisakah orang Australia bepergian ke Thailand tanpa karantina?

Thailand telah menyetujui turis dari 63 negara untuk perjalanan bebas karantina mulai 1 November, termasuk dari Australia.

Agar memenuhi syarat, pengunjung harus melakukan vaksin penuh, menunjukkan dua kali tes COVID-19 negatif: satu tes sebelum keberangkatan dan satu tes pada saat kedatangan.

Pemegang paspor Australia tidak memerlukan visa ke Thailand tapi sekarang harus mengajukan surat Thailand Pass.

Wisatawan dari Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe akan dilarang masuk mulai Desember.

Maskapai apa yang terbang dari Australia ke Thailand?

Qantas Airways dan Thai Airways akan melanjutkan penerbangan ke Thailand mulai bulan ini sementara maskapai lain Jetstar akan mulai tahun depan.

Seperti apa situasi COVID saat ini?

Setelah puncak kasus terjadi pada Agustus dengan 20.000 kasus per hari, kini penularan COVID di Thailand menurun jadi 6.000 kasus per hari. Tapi kurang dari 50 persen populasi yang telah divaksinasi.

Pembatasan COVID diberlakukan di daetah berisiko tinggi, termasuk aturan jam malam, batasan jumlah pengunjung serta kewajiban mengenakan masker.

Apakah ada perjanjian perawatan kesehatan timbal balik?

Tidak ada. Wisatawan harus membuktikan bahwa mereka memiliki asuransi dengan pertanggungan COVID-19 hingga $50.000.

Bisakah orang dari negara ini mengunjungi Australia?

Belum ada koridor perjalanan dengan Thailand, sehingga warga dari negara itu dikenai aturan serupa dengan yang lain. Pengecualian perjalanan untuk pemegang visa Australia akan dihapus mulai 15 Desember. Singapura

Bisakah orang Australia bepergian ke sini tanpa karantina?

Ya. Pelancong Australia yang divaksinasi lengkap dapat memasuki Singapura tanpa karantina sejak 8 November, selama hasil tesnya negatif.

Pelancong diharuskan untuk tes PCR dalam waktu 48 jam sebelum keberangkatan, dan tes kedua pada saat kedatangan di bandara Changi. Mereka harus isolasi sampai hasil tesnya keluar.

Seperti banyak negara lainnya, Singapura membatasi perjalanan bagi mereka yang telah mengunjungi tujuh negara Afrika dalam 14 hari terakhir.

Maskapai apa yang terbang ke Singapura dari Australia?

Qantas terbang langsung ke Singapura dari Melbourne dan Sydney, sementara Jetstar akan memulai rute Darwin dan Melbourne ke Singapura pada pertengahan Desember.

Singapore Airlines juga mengoperasikan penerbangan langsung setiap hari dari Sydney dan Melbourne. Scoot, anak perusahaan Singapore Airlines, akan menjalankan penerbangan harian Melbourne-Singapura dan empat rute mingguan Sydney-Singapura.

Seperti apa situasi COVID saat ini?

Setelah periode pembatasan sosial yang lama, kasus COVID-19 justru meningkat. Bulan lalu, jumlah kasus mencapai 5.000 per hari sebelum turun kembali di bawah 2.000 per hari minggu lalu.

Pihak berwenang mengatakan mereka melacak varian Omicron dengan sangat dekat dan memperingatkan bahwa mereka mungkin harus mengurangi rencana pembukaan.

"Kami belum yakin, tapi kami mungkin terpaksa mundur beberapa langkah, sebelum dapat mengambil langkah lebih jauh ke depan," kata Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Awal bulan ini, negara itu menjadi berita utama ketika mengumumkan pasien COVID-19 yang tidak divaksinasi harus membayar tagihan medis sendiri mulai 8 Desember.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan mengatakan telah menanggung biaya perawatan kesehatan COVID-19 dari semua warga Singapura, penduduk tetap, dan pemegang izin jangka panjang.

Apakah ada perjanjian perawatan kesehatan timbal balik?

Tidak ada perjanjian perawatan kesehatan timbal balik antara Australia dan Singapura.

Sementara standar perawatan kesehatannya setara dengan Australia, Smart Traveler memperingatkan "biaya medis jauh lebih tinggi" dan banyak rumah sakit meminta pembayaran di muka atau bukti asuransi sebelum perawatan.

Bisakah orang Singapura mengunjungi Australia?

Warga Singapura yang divaksinasi lengkap bebas bepergian ke negara bagian NSW dan Victoria tanpa karantina.

Tapi mereka harus dites PCR dan hasilnya negatif dalam waktu 72 jam setelah naik ke pesawat.

"Ini jadi tonggak penting dalam pendekatan bertahap untuk membuka kembali negara kita dengan aman," kata PM Scott Morrison.

Diproduksi oleh Farid Ibrahim dari artikel ABC News yang selengkapnya bisa dibaca di sini.  

BACA ARTIKEL LAINNYA... Australia Perkuat Perusahaan Telekomunikasi dengan Aturan untuk Tangani SMS Penipuan

Berita Terkait