Syarief Hasan Minta TNI dan Polri tak Perlu Ragu Menumpas KKB

Selasa, 21 September 2021 – 19:29 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan meminta TNI dan Polri tidak perlu ragu menumpas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua sampai ke akar-akarnya. 

Syarief pun memberikan dukungan terhadap TNI dan Polri untuk menumpas KKB.

BACA JUGA: Prajurit TNI Gugur dalam Kontak Senjata dengan KKB

Sebab, KKB telah melakukan berbagai aksi teror terhadap masyarakat. 

Dia menyatakan tidak ada ruang dialog dengan kelompok tersebut, sehingga TNI dan Polri tidak perlu ragu melakukan tindakan penanggulangan yang tuntas. 

BACA JUGA: Jenazah Nakes Korban Kekerasan KKB Dievakuasi dengan Helikopter Penerbad

"Saya mendukung penuh langkah penumpasan KKB,” kata Syarief Hasan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (21/9).

Politikus senior Partai Demokrat itu menambahkan KKB adalah musuh negara dan rakyat Indonesia, sehingga sudah seharusnya ditumpas sampai ke akar-akarnya.

BACA JUGA: Menkes Berbelasungkawa atas Wafatnya Nakes Akibat Kekerasan KKB

Dia menegaskan KKB telah meresahkan warga sipil dan merongrong kedaulatan negara. 

“Genealogi kelompok ini adalah teror dan akan terus melakukannya," ujarnya. 

Syarief Hasan menuturkan bahwa pemerintah telah melakukan banyak upaya untuk mempercepat pembangunan di Papua dan Papua Barat.  

“Selama 20 tahun terakhir pemerintah telah mengucurkan alokasi dana otonomi khusus (otsus) dan dana tambahan infrastruktur (DTI) untuk Papua dan Papua Barat sebesar Rp 138,65 triliun," ujarnya.

Menurut dia, hal itu merupakan kebijakan afirmasi dan prioritas pembangunan yang menjelaskan komitmen pemerintah dalam membangun Papua dan Papua Barat untuk maju dan bersaing seperti daerah lain di Indonesia.

Syarief menambahkan dengan instrumen dana Otsus dan DTI, seharusnya pembangunan fisik dan nonfisik, infrastruktur,  dan sumber daya manusia berjalan dengan baik serta cepat.

"Saat dana Otsus dan DTI yang begitu besar dialokasikan untuk Papua dan Papua Barat, namun kenyataannya tindakan teror tidak pernah berhenti. Ini menunjukkan KKB hanya bertujuan untuk mengacau dan teror," katanya.

Syarief Hasan menyatakan apabila kejadiannya seperti itu, maka tidak ada jalan lagi bagi TNI dan Polri selain melakukan upaya penanggulangan teror yang lebih tegas. 

Menurut dia, apabila teror terus dibiarkan, maka korban dari kalangan aparat dan warga sipil akan terus berjatuhan.

Oleh karena itu, Syarief Hasan kembali menegaskan KKB tidak bisa dibiarkan dan harus ditumpas sampai ke akar-akarnya.

Syarief meyakini masyarakat Papua dan Papua Barat sangat mendambakan kedamaian, aktivitas perekonomian, peribadatan, dan kehidupan sosial pada umumnya berjalan aman serta sentosa.

"Apa yang dilakukan KKB telah merenggut kebahagiaan rakyat. Tindakan keji gerombolan bersenjata ini hanya akan menghambat pembangunan yang tengah digalakkan pemerintah," ujar anggota Komisi I DPR itu.

Syarief mengatakan tindakan KKB jelas menunjukkan tujuannya hanya teror, penculikan, pembunuhan, dan makar.

Oleh karena itu, TNI dan Polri sudah saatnya meredefinisi tugas dan perannya dalam menyelamatkan warga sipil dan mempertahankan kedaulatan NKRI. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler