Syarief Hasan: Saya Merasakan Nikmat dan Indah Dekat dengan Ulama dan Anak Yatim

Kamis, 29 April 2021 – 14:13 WIB
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, BOGOR - Wakil Ketua MPR Dr. H. Sjarifuddin Hasan, SE, MM, MBA mengatakan bahwa bulan suci Ramadan adalah saat yang penuh berkah apabila diisi berbagai amal ibadah dan perbuatan baik. Salah satunya melakukan silaturahmi kepada sesama muslim, yang bila dilakukan dengan ikhlas maka berkah dan pahala akan dilipatgandakan.

Hal itulah yang selalu dilakukan sosok yang beken dengan nama Syarief Hasan itu. Di sela-sela agenda kerja selaku pimpinan MPR di berbagai daerah selama bulan Ramadan, Syarief kerap menyempatkan diri bersilaturahmi dengan ulama dan anak-anak yatim.

BACA JUGA: Militer Indonesia Berduka, Syarief Hasan MPR: Ini Duka Kita Semua

Salah satunya mengunjungi seorang ulama besar Habib Hasan Al Attas yang dikenal sebagai Habib Empang Bogor, di pesantren atau Ma'had Nurul Fata.

“Saya merasakan nikmat dan indah dekat dengan ulama dan anak-anak yatim juga para santri," kata Syarief Hasan.

BACA JUGA: Syarief Hasan Ajak Masyarakat Bantu Anak Yatim dan Fakir Miskin

Hal itu diungkap Syarief usai menghadiri buka puasa bersama sekaligus pemberian santunan kepada anak yatim dan santri serta bantuan sembako kepada warga dhuafa, di Ma'had Nurul Fata, Desa Pamoyanan, Bogor Selatan, Jawa Barat, Rabu (28/4/2021). Hadir dalam acara tersebut Pimpinan Ma'had Habib Hasan Al Attas, para pengajar dan para santri.

Politikus Partai Demokrat ini mengatakan hubungan baik dengan Habib Empang sudah terjalin sejak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkuasa. Hubungan baik itu pun tetap terjaga hingga saat ini.

BACA JUGA: IMI Terima Motor Trail KTM 125 SX Untuk Juara Umum Kejurnas Motocross 2021 Piala Ketua MPR RI

"Bapak SBY sangat menghormati beliau dan sebaliknya Habib pun sangat menghormati SBY. Habib sebagai ulama selalu memberikan wejangan, nasihat yang selalu diperhatikan oleh SBY. Ini menjadi teladan yang baik yakni terbangunnya sinergitas antara ulama dan umara," paparnya.

Berbicara seputar santri, Syarief mengungkapkan bahwa sebagai pimpinan MPR tengah menggodok program kerja yang khusus untuk santri dan anak-anak yatim.

Sebab, dari berbagai kunjungan ke berbagai pondok pesantren dan kebanyakan santrinya anak yatim, ternyata pemahaman mereka seputar bangsa dan negara sangat baik, termasuk pengetahuan tentang Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika yang dikenal sebagai Empat Pilar MPR.

Menurut dia, ini menjadi bukti bahwa pengasuh-pengasuh ponpes telah sangat serius mengajarkan hal tersebut kepada santri-santrinya.

“Jadi, saya rasa, para santri ini ke depannya akan menjadi manusia Indonesia yang unggul baik dari sisi agama, ilmu pengetahuan dan memiliki karakter kebangsaan yang bagus. Program kerja saya nanti adalah bentuk apresiasi, harapan dan perhatian saya untuk mereka," kata dia.

Melihat potensi besar para santri, Syarief Hasan mendorong para pimpinan dan pengasuh ponpes agar terus meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan soal kebangsaan.

"Saya sendiri akan membantu jika dibutuhkan terutama soal materi ajaran atau dalam bentuk kegiatan yang berkaitan dengan nilai-nilai luhur bangsa," pungkasnya. (*/jpnn)

 

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler