Syarief Tunggu Survei Positif tentang Kinerja SBY

Senin, 03 Juni 2013 – 23:02 WIB
JAKARTA -  Ketua Harian Partai Demokrat, Syarief Hasan menilai kinerja pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak bisa hanya dinilai oleh satu lembaga survei saja. Karenanya Syarief yang juga menteri di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II itu mengaku menunggu survei lain tentang kinerja SBY.

"Saya pikir, saya perlu beberapa data. Jangan hanya satu data. Hal itu supaya akurat sebagai data pembanding," kata Syarief di DPR, Jakarta, Senin (3/6).

Hal itu disampaikan Syarief menanggapi hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) yang menempatkan kinerja pemerintahan SBY pada periode kedua cenderung mandek karena tidak ada perubahan signifikan yang dirasakan masyarakat. Hasil itu didapatkan berdasarkan survei yang dilakukan LSN di 33 provinsi pada tanggal 1-10 Mei 2013.

Dengan jumlah sampel 1230 responden dan margin of error 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, mayoritas responden LSN menilai kondisi Indonesia tidak mengalami perubahan signifikan jika dibandingkan periode 5 tahun sebelumnya. Bahkan, sebanyak 30,2 persen responedn menilai kondisi negara Indonesia semakin memburuk. Hanya 18,5 persen respondensaja yang menilai kondisi negara semakin membaik.

Menurut Syarief, pihaknya akan memberikan respon jika memang banyak survei menghasilkan penilaian serupa tentang kinerja SBY. "Kalau hanya satu, saya perlu mendapatkan dari tempat yang lain," ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tersebut.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana mengatakan, hasil survei bisa menjadi masukan yang baik. Namun demikian ia menilai survei LSN tidak sepenuhnya benar.

"Masa selama sembilan tahun enggak menghasilkan apa-apa. Itukan enggak benar, kita negara selamat, ekonomi kita naik tumbuh berkembang diantara negara dunia," kata Sutan.

Menurutnya, dalam era kepemimpinan SBY terjadi penurunan angka kemiskinan. Bahkan capaian itu diakui pula oleh negara barat.

Meski demikian Sutan tetap mengakui sisi positif survei LSN. Sutan menerangkan, hasil survei itu dapat memacu pemerintahan SBY sehingga tidak lalai dan terbuai dengan pujian. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Priyo Sebut Pimpinan Teras Partai Ingin Mendongkelnya

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler