Tabrakan Besar, Button Tampil Dominan

Lap Pertama Warnai GP Belgia

Selasa, 04 September 2012 – 06:36 WIB
SPA - Jenson Button tampil sangat dominan di Grand Prix Belgia, di sirkuit Spa-Francorchamps. Setelah merebut pole position sehari sebelumnya.  pembalap McLaren-Mercedes tersebut itu melanjutkannya dengan kemenangan, Minggu (2/9).
   
Kemenangan yang diraih Button kemarin relatif mudah. Pembalap asal Inggris tersebut menyelesaikan 44 lap dengan catatan waktu 1 jam, 29 menit, dan 08,530 detik.
   
Button unggul siginifikan hingga 13,624 detik detik di depan runner-up Sebastian Vettel (Red Bull-Renault). Kimi R"ikk"nen (Lotus-Renault) finis pada peringkat ketiga, selisih 25.334 detik di belakang Button.
   
Sejak start hingga finis, Button sama sekali tidak pernah tersalip para pesaing. Button juga sangat beruntung karena selamat dari tabrakan besar pada tikungan pertama di lap pertama.
   
Tabrakan tersebut membuat empat pembalap langsung menghentikan lomba. Antara lain Fernando Alonso (Ferrari), Lewis Hamilton (McLaren), Romain Grosjean (Lotus-Renault), dan Sergio Perez (Sauber-Ferrari).
   
Kecelakaan besar bermula saat Grosjaean yang start pada di posisi delapan mencoba menyalip Hamilton (grid tujuh). Namun, posisi pembalap asal Prancis tersebut terlalu dekat. Senggolan tak terhindarkan dan bahkan membuat mobil Grosjean terlontar ke udara dan langsung menghantam mobil Alonso (grid nomor lima).
   
Perez yang start dari posisi empat juga harus keluar. Sementara itu, mobil Kamui Kobayashi (Sauber-Ferrari) yang start dari gri kedua juga menderita kerusakan. Kobayashi mampu menyelesaikan lomba namun hanya finis pada posisi 13. Untunglah, tidak akan yang terluka dalam kecelakaan tersebut.
   
Setelah safety car keluar, Button dengan nyaman menggeber mobil MP4-27 miliknya. Namun bintang sesungguhnya dalam race kemarin adalah Vettel. Juara dunia 2010 dan 2011 tersebut mampu terus merangsek dari posisi start ke 10 hingga mampu finish nomor dua.
   
Button dan Vettel sama-sama melakukan startegi satu pit stop. Strategi tersebut terbukti jitu, namun memang mengandung banyak resiko. Keduanya mampu menghemat penggunaan ban agar tidak cepat habis di bawah sinar musim panas Belgia.
   
"Ini merupakan sirkuit yang sangat spesial. Sebuah kemenangan besar. Tahun ini sangat tidak mudah bagi saya. Semoga kemenangan ini berlanjut hingga ke Monza pekan depan," tegas Button.
   
Dengan tambahan 25 poin, Button memiliki 101 poin dan naik ke posisi 6 menempel rekan setimnya Hamilton (117 poin). Namun yang paling bahagia tentu saja Vettel.
   
Tambahan 18 poin membuat pembalap asal Jerman tersebut naik satu tingkat di peringkat dua menggeser rekan setimnya Mark Webber. Saat ini Vettel memiliki poin 140. Hanya berselisih 24 angka dari pemucak klasmen sementara Alonso yang gagal menambah poin.     
   
"Kecepatan di race saya kira lebih baik ketimbang saat kualifikasi. Sejak awal target kami adalah menang. Saya itu bukannya tidak mungkin meski saya start dari posisi yang buruk," ucap Vettel kepada Autosport.
   
Selain sisi pembalap, dari klasmen kontruktor pun, Red Bull-Renault semakin mengokohkan posisinya di peringkat teratas. Sebab saat semua pesaingnya gagal finish dengan formasi lengkap, dua Red Bull justru bisa meraih poin. Webber menambahkan delapan poin karena finis di posisi enam.
   
Setelah dari Spa, Formula 1 berlanjut ke sirkuit Autodromo Nazionale Monza, di Monza Italia 9 September mendatang. (nur)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Djokovic Masih Kalah Pamor

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler